DUNIA

Minggu, 08 September 2019 | 10:29 WIB

Pemimpin Oposisi Turki Divonis 10 Tahun

Pemimpin Oposisi Turki Divonis 10 Tahun
Canan Kaftancioglu, pemimpin Partai Rakyat Republik (Foto: voanews)

INILAHCOM, Istanbul--Tokoh terkemuka Partai Rakyat Republik (CHP) yang beroposisi dengan pemerintah Turki, menghadapi hukuman penjara hampir 10 tahun atas tuduhan terorisme.

Canan Kaftancioglu, perempuan berusia 47 tahun itu, lapor VOA, Minggu (8/9/2019), divonis penjara 9 tahun 8 bulan 20 hari atas dakwaan menyebarkan propaganda teroris, menghina negara, menghina presiden, menghina para pejabat publik, dan memicu permusuhan publik, menurut Pengadilan Kriminal Tinggi 37 di Istanbul.

Dia adalah kepala CHP cabang Provinsi Istanbul, yang memainkan peranan penting dalam kemenangan partai oposisi dalam pilkada Istanbul atas Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang dipimpin Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Dakwaan terhadap Kaftancioglu dijatuhkan berdasarkan beberapa unggahan media sosial yang dibuatnya dalam beberapa tahun. Unggahan itu termasuk cuitan yang mengkritisi penindasan oleh pemerintah terhadap protes-protes di Lapangan Gezi pada 2013 dan pembunuhan tiga perempuan aktivis Kurdi yang berafiliasi dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Paris pada tahun yang sama. [voa/lat]

#Pemimpin #Oposisi #Turki # Divonis
BERITA TERKAIT
Pemimpin ISIS Keluarkan Seruan Baru Bertindak
Kebijakan Baru Turki, Target Media Online
Trump Bantah Bersedia Bertemu Pemimpin Iran
AS Bakal Serang Iran
(Serangan Minyak Arab Saudi) Iran Kecam Tipu Daya AS
Dibilang Menstruasi Kotor, Siswi Gantung Diri
Gedung Putih Membenarkan Putra Osama Tewas

kembali ke atas