DUNIA

Senin, 09 September 2019 | 07:36 WIB

Raja Saudi Ganti Menteri Energi dengan Putranya

Raja Saudi Ganti Menteri Energi dengan Putranya
(Foto: AFP)

INILAHCOM, Riyadh--Raja Arab Saudi Salman mengganti menteri energi negara itu dengan salah seorang putranya, demikian VOA melaporkan, Senin (9/9/2019).

Raja Salman mengumumkan nama Pangeran Abdulaziz bin Salman untuk duduk di salah satu posisi terpenting di negara itu, sementara harga minyak tetap di bawah nilai yang dibutuhkan untuk mengimbangi pengeluaran pemerintah.

Menteri Energi yang baru itu adalah saudara tiri Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Pangeran Abdulaziz menggantikan Khalid Al-Falih yang telah menjabat sejak tahun 2016.

Sebelum memangku jabatan itu, Pangeran Abdulaziz sudah memiliki pengalaman di sektor energi Arab Saudi dan dinilai sebagai pilihan yang aman dan tepat untuk memimpin kementerian yang akan mengawasi produksi salah satu eksportir minyak terbesar di dunia. Ia telah menjabat beberapa posisi senior dalam Kementerian Energi selama lebih dari 30 tahun, dan terakhir sebagai Menteri Negara Urusan Energi.

Meskipun memiliki posisi penting untuk mengawasi portofolio energi Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz tidak dekat dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, putra raja yang paling berkuasa dan dipersiapkan menjadi pewaris.

Penunjukkan Pangeran Abdulaziz menandai keberadaan seorang pangeran dari keluarga Al Saud, yang berkuasa memimpin kementerian energi yang strategis.

Langkah ini diambil ketika harga minyak mentah jenis Brent di bawah 60 dolar per barel, jauh di bawah kisaran 80-85 dolar per barel yang menurut para analis dibutuhkan untuk menyeimbangkan anggaran Arab Saudi. [voa/lat]

#RajaSaudi #Ganti #MenteriEnergi
BERITA TERKAIT
Pemimpin ISIS Keluarkan Seruan Baru Bertindak
Trump Bantah Bersedia Bertemu Pemimpin Iran
AS Bakal Serang Iran
(Serangan Minyak Arab Saudi) Iran Kecam Tipu Daya AS
Dibilang Menstruasi Kotor, Siswi Gantung Diri
Gedung Putih Membenarkan Putra Osama Tewas
Texas Larang Pendeta Masuki Ruang Eksekusi

kembali ke atas