TEKNOLOGI

Senin, 09 September 2019 | 13:30 WIB

Apple Hadirkan iPhone Murah Lagi Tahun Depan?

Apple Hadirkan iPhone Murah Lagi Tahun Depan?
(theverge.com)

INILAHCOM, Jakarta - Pangsa pasar Apple secara global sedang mengalami penurunan. Mereka pun mulai merancang strategi untuk menghentikan tren negatif ini. Kabarnya, salah satu strategi Apple adalah dengan menghadirkan kembali iPhone SE pada tahun depan.

iPhone murah tersebut ditargetkan untuk negara-negara berkembang dan China, di mana di negara tersebut pangsa pasar Apple tergerus oleh vendor-vendor lokal.

Dari rumor yang beredar, iPhone SE 2020 akan memiliki bentang 4,7 inci, mirip dengan iPhone 8. Panelnya menggunakan LCD dan kabarnya sebagian besar memiliki komponen yang sama dengan yang dipasang di flagship iPhone saat ini.

iPhone SE 2020 pun disebut hanya akan dibekali kamera tunggal dengan memori internal hingga 128GB.

Sejatinya, ini bukanlah kali pertama iPhone SE disebut akan lahir kembali. Tahun lalu, rumor tentang iPhone SE 2 sudah beredar di ranah maya. Apple disebut tengah memproduksi iPhone khusus untuk pasar India dengan banderol US$299 atau sekitar Rp4,2 juta.

Turunnya pengapalan iPhone mulai terjadi pada tahun lalu. Posisi Apple sebagai vendor smartphone terbesar kedua secara global kini harus tersisih oleh Huawei.

Penjualan trio iPhone XS, XS Max, dan XR pun disebut tidak cukup mendongkrak pangsa pasar Apple, yang menurut laporan IDC terus turun dalam tiga kuartal terakhir.

CEO Apple Tim Cook menyebut banderol harga yang kian mahal menjadi faktor menurunnya penjualan iPhone di pasar negara-negara berkembang.

"Apple menghadapi tahun yang berat dalam kompetisi smartphone. iPhone SE baru bisa membantu Apple mengamankan pengguna basisnya," jelas Eddie Han, analis industri senior di Market Intelligence & Consulting Institute.

iPhone SE baru kabarnya akan dirilis musim semi tahun depan atau sekitar Maret hingga Juni 2020. Jadwal tersebut merupakan jadwal yang sama dengan peluncuran iPhone SE perdana pada 2016 lalu. [ikh]

#Apple #iPhone #iPhoneSE #murah
BERITA TERKAIT
iPhone 11 Pro Warna Emas Tidak Populer
Animo untuk iPhone 11 di Pasar Asia Tak Berkesan
(Dengan Penggunaan Chip A13 Bionic) Apple Klaim iPhone 11 Kalahkan Samsung Galaxy S10
iPhone 11 yang Miskin Inovasi
(Dibandingkan Para Pesaingnya) Apple TV+ Tawarkan Harga Berlangganan Lebih Murah
Apple Juga Luncurkan iPad dan Apple Watch Baru
iPhone Terbaru Diprediksi Laris di China

kembali ke atas