TEKNOLOGI

Rabu, 11 September 2019 | 10:30 WIB

Aplikasi Google Bakal Absen dari Huawei Mate X?

Aplikasi Google Bakal Absen dari Huawei Mate X?
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Setelah mengalami penundaan, kabar miring kembali menyambangi Huawei Mate X. Smartphone layar lipat perdana besutan Huawei ini disebut-sebut akan dirilis tanpa kehadiran sejumlah layanan dari Google seperti Gmail dan Google Play Store.

Hal tersebut konon disebabkan oleh perang dagang antara AS dan China yang antara lain berujung pada pemboikotan Huawei lewat 'daftar hitam perdagangan'.

Huawei pun tidak diperkenankan membeli komponen dalam bentuk hardware maupun software dari perusahaan asal AS tanpa seizin Pemerintah AS.

Baca juga: Huawei Umumkan SoC 5G Flagship Pertama di Dunia

Menurut laporan dari Nikkei Asian Review, Huawei Mate X sebenarnya masih tetap akan menggunakan sistem operasi Android. Namun, smartphone ini tidak akan membawa layanan utama milik Google.

Artinya, Android yang dibawa Huawei Mate X akan polos tanpa aplikasi pelengkap seperti Gmail, Google Play Store, hingga Google Maps yang notabene telah menjadi bagian tak terpisahkan dari ekosistem Android.

Tak hanya lini Mate X yang akan terkena imbas dari kebijakan AS tersebut. Seri Huawei Mate 30 yang akan dirilis dalam waktu dekat juga dikabarkan bakal mengalami hal serupa.

Baca juga: Huawei Umumkan Tanggal Peluncuran Seri Mate 30

Analis meramalkan bahwa absennya layanan Google pada perangkat Huawei ini akan mempengaruhi jumlah pengapalan smartphone Huawei ke pasar global yang diprediksi berpotensi turun hingga 30 persen di tahun ini.

Sementara untuk pasar China, penjualan Huawei diprediksi akan tetap tumbuh, karena sejak awal memang tidak mengandalkan layanan dari Google.

Apalagi, Huawei saat ini tengah mendapat dukungan dan perhatian besar dari masyarakat China karena sentimen nasionalisme menyusul perang dagang dengan AS.

Huawei dikabarkan tengah menjalin komunikasi dengan sejumlah penyedia aplikasi yang bisa menjadi alternatif pengganti layanan dari Google. Seperti misalnya ProtonMail yang ditimbang sebagai pengganti dari Gmail.

Baca juga: Tinggalkan Gmail, Huawei Beralih ke ProtonMail

Meski begitu, smartphone layar lipat Mate X bukanlah produk yang dijadikan andalan oleh Huawei untuk mendulang pendapatan. Sebab, ceruk pasar smartphone dengan desain demikian memang belum terlihat besar.

Selain itu, harga smartphone layar lipat pun masih cukup tinggi, ditambah jaringan 5G yang belum hadir secara merata membuat model perangkat ini mungkin belum menjadi pilihan utama bagi pengguna. [ikh]

#Huawei #MateX #Google #Android #HarmonyOS
BERITA TERKAIT
'Xiaomi Rilis Lebih dari 10 Smartphone 5G di 2020'
Google Siapkan Acara Khusus bagi Pecinta Pixel
Google Siap Luncurkan Stadia pada 19 November 2019
Pendapatan Huawei di Q3 2019 Meningkat 24%
Google Juga Luncurkan Laptop Pixelbook Go
Google Resmi Luncurkan Pixel 4 dan Pixel 4 XL
Android 11 Tak Lagi Pakai Nama Kudapan Manis?

kembali ke atas