DUNIA

Rabu, 11 September 2019 | 08:40 WIB

AS Miliki Mata-mata Rusia Tingkat Tinggi

AS Miliki Mata-mata Rusia Tingkat Tinggi
(Foto: voa)

INILAHCOM, Washington DC--Badan Intelijen Pusat AS (CIA) memiliki sumber dengan akses tingkat tinggi ke Kremlin, Rusia, yang memainkan peran kunci bahwa Presiden Vladimir Putin memerintahkan kampanye untuk mempengaruhi pemilu di AS 2016. Demikian seperti dilansir oleh harian New York Times dan jaringan televisi CNN.

Tidak satupun organisasi berita itu yang menyebut nama sumber tersebut, tetapi beberapa media Rusia menyebutnya.

Pada keterangan pers hari Selasa (9/10/2019) kemarin, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan orang yang disebut dalam berbagai berita di Rusia memang bekerja di kantor presiden Rusia, tetapi tidak dalam posisi tinggi dan tidak memiliki kontak langsung dengan Putin. Peskov juga mengatakan orang tersebut "dipecat beberapa tahun silam."

Kedua organisasi berita itu mengatakan mata-mata tersebut ditarik dari Rusia pada tahun 2017 setelah menolak tawaran sebelumnya untuk meninggalkan ke negara itu.

CNN menyatakan keputusan untuk menarik mata-mata dari posisi yang sangat berharga itu dilakukan sebagian karena adanya kekhawatiran akan kesalahan penanganan informasi rahasia oleh Presiden Donald Trump dan anggota pemerintahannya. CIA menyangkal pernyataan itu, dan mengatakan kepada CNN bahwa badan itu hanya membuat keputusan berdasarkan "analisis objektif dan informasi yang baik."

Harian New York Times menghubungkan penarikan itu dengan liputan media terkait pengungkapan tentang kampanye campur tangan Rusia dalam pemilihan di AS dan pertanyaan mengenai seorang sumber di Kremlin. New York Times melaporkan bahwa kehidupan sumber itu dalam bahaya, dan merujuk pada contoh Sergei Skripal, mantan agen Rusia yang menjadi agen ganda, termasuk untuk Inggris dan diracun tahun lalu.

Laporan itu mengatakan hilangnya aset dengan akses seperti itu di Kremlin telah membuat komunitas intelijen AS tidak bisa memperoleh informasi tentang tindakan Rusia saat ini dan rencana apa pun untuk mempengaruhi pemilihan lainnya. [voa/lat].

#AS #Mata-mata #Rusia
BERITA TERKAIT
Karpet Merah untuk Presiden Rusia di Saudi
Polisi Hong Kong Tembakan Meriam Air ke Masjid
Inggris Tinggalkan Uni Eropa pada 31 Oktober
Maraknya Fesyen Muslim di AS
Hasil Pemilu Afghanistan Ditunda
Dikecam, Trump Batalkan KTT G7 di Resor Miliknya
Pencari Suaka AS Dikirim ke Hawaii

kembali ke atas