OLAHRAGA

Rabu, 11 September 2019 | 16:04 WIB

PBSI Target 3 Gelar di Indonesia Masters Super 100

Arif Budiwinarto
PBSI Target 3 Gelar di Indonesia Masters Super 100
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Turnamen bulutangkis bertajuk Indonesia Masters Super 100 segera digelar di Kota Malang pada Oktober mendatang. Indonesia menargetkan tiga gelar di ajang ini.

Sebanyak 302 pebulutangkis dari 15 negara akan mengikuti Indonesia Masters Super 100 yang digelar di GOR Ken Arok, Malang, Jawa Timur pada 1-6 Oktober 2019. Ajang yang masuk dalam Grade 2 Level 6 tur dunia BWF ini termasuk tiga besar turnamen elit yang diselenggarakan di Tanah Air setelah Indonesia Masters Super 500 serta Indonesia Open level 1000.

Meskipun level turnamen paling rendah, persaingan Indonesia Masters Super 100 diprediksi akan menarik. Sebabnya, ajang ini dimanfaatkan para pebulutangkis dunia untuk mengumpulkan poin menuju Olimpiade 2020 Tokyo.

Indonesia mengirimkan 139 pebulutangkis di ajang ini, harapan ada di pundak pasangan ganda putra Fajar Alfian/Rian Ardianto yang ditempatkan sebagai unggulan pertama, sedangkan Berry Angriawan/Hardianto pada unggulan kedua.

"Banyak yang bertanya kenapa ada dua Indonesia Masters? Di Indonesia ada 3 kejuraan dunia, ada Indonesia Open super 1000 lalu pada Januari lalu ada Indonesia Masters super 500. Walaupun Indonesia super 100 ini serial paling rendah tapi ini cukup penting dalam mengumpulkan poin ke Olimpiade 2020. Ganda putra Fajar/Rian jadi andalan Indonesia, mereka berada unggulan pertama," ujar Ketua Pelaksana Indonesia Masters Super 100, Achmad Budiharto, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/9/2019) siang WIB.

Selain berpeluang meraih satu gelar di sektor ganda putra, Indonesia berharap sektor tunggal putra yang diisi Ihsan Maulana Mustofa serta ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari bisa mengulangi kesuksesan di Indonesia Masters Super 100 di tahun sebelumnya.

"Jadi memang 139 pebulutangkis yang akan bertanding di Malang nanti, karena ini level 100 banyak yang turun pemain pelapis. Bagi Fajar/Rian kali ini mereka jadi unggulan, harapannya mereka bisa bermain maksimal dan menunjukkan prestasi yang lebih baik (juara)," kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti.

"Target 2 (gelar juara) seperti tahun lalu, mungkin bisa lebih baik lagi," ia menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Malang, H. Sutiadji, berterima kasih mempercaya Malang menjadi tuan rumah gelaran Indonesia Masters Super 100. Ia memastikan semua fasilitas pendukung atlet dan ofisial sudah siap sesuai standar BWF.

"Kami berterima kasih Malang ditunjuk jadi tuan rumah, beberapa hal sudah kami siapkan sebaik mungkin, transport dan tempat nginap. BWF sudah survei ke sana dan menyatakan semua sudah siap," kata Sutiadji.

"Kami ingin menampilkan keamanan, kenyamanan. Sesuai tagline 'Dari Malang untuk Indonesia dan Dunia inilah yang kami kedepankan," ia menutup.[rza]

#IndonesiaMastersSuper100
BERITA TERKAIT
Fajar/Rian Yakin Juara Indonesia Masters Super 100
(China Open) Lolos ke Final, Marcus/Kevin Menang Start
Leclerec Raih Pole Position di GP Singapura
(China Open) Marcus/Kevin Lawan Ahsan/Hendra di Final
Marquez Raih Pole Position di MotoGP Aragon
(China Open) Anthony Melesat ke Final
(China Open) Ahsan/Hendra Menang, Ganda Putra Pastikan Gelar

kembali ke atas