TEKNOLOGI

Rabu, 11 September 2019 | 16:16 WIB

Apple Juga Luncurkan iPad dan Apple Watch Baru

Apple Juga Luncurkan iPad dan Apple Watch Baru
(theverge.com)

INILAHCOM, Cupertino - Selain merilis trio iPhone generasi teranyar, Apple juga meluncurkan iPad dan Apple Watch baru dalam acara khusus yang digelar di Steve Jobs Theater, Cupertino, California AS, Selasa (10/9/2019) pagi waktu setempat atau Rabu (11/9/2019) dini hari WIB.

Apple menyebut tablet terbarunya sebagai iPad generasi ke-7 yang merupakan generasi penerus dari iPad generasi ke-6 yang meluncur tahun lalu. Namun, ukuran display perangkat tersebut kini sedikit diperlebar menjadi 10,2 inci Retina Display. Adapun iPad generasi sebelumnya memiliki ukuran layar 9,7 inci.

"Layar adalah komponen yang sangat penting. Karena itu kami pun membuatnya lebih besar," ujar Vice President Apple Greg Jozwiak, saat mengenalkan iPad baru ini di atas panggung acara.

Dapur pacu iPad generasi ke-7 masih sama dengan sebelumnya, yakni chip Apple A10 Fusion. Sistem operasi yang digunakan adalah iPadOS, sistem operasi baru besutan Apple yang khusus untuk perangkat tablet.

Di bagian punggungnya tersemat kamera 8 megapiksel. Apple turut menyematkan dukungan stylus Apple Pencil, berikut fitur Smart Connector yang memungkinkan penggunanya menghubungkan aksesori Smart Keyboard dengan mudah.

Untuk banderol, Apple mematok harganya mulai US$329 atau sekitar Rp4,6 juta. iPad generasi ke-7 sudah bisa dipesan di AS mulai hari ini. Pengirimannya dijadwalkan pada 30 September mendatang.

Baca juga: Apple Resmi Rilis iPhone 11, 11 Pro, 11 Pro Max

Apple juga meluncurkan arloji pintar generasi terbarunya yang disebut sebagai Apple Watch Series 5. Salah satu fitur anyar yang diunggulkan dari perangkat ini adalah Always-on-Display (AoD).

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan layar perangkat terus menyala sepanjang waktu, tidak otomatis mati untuk menghemat baterai ketika tidak sedang dipandang oleh pengguna seperti generasi-genarasi sebelumnya.

Apple pun mengklaim pengguna Apple Watch Series 5 bisa lebih mudah dalam melihat informasi waktu berikut keterangan lain, karena tak perlu mengangkatnya untuk menyalakan layar.

Meski layarnya terus menyala. Apple mengklaim daya tahan smartwatch barunya ini tak jadi lebih boros dibandingkan produk terdahulu.

"Baterainya tetap bisa bertahan sepanjang hari, selama 18 jam," ujar Vice President of Product Marketing Apple Watch Stan Ng, saat memperkenalkan produk ini dari atas panggung.

Menurut Ng, baterai Apple Watch Series 5 bisa tetap bertahan lama lantaran layar yang senantiasa menyala tersebut menggunakan panel tipe Low-Temperature Polycrystalline Oxide (LTPO) yang khusus dikembangkan oleh Apple.

"LTPO melakukan refresh layar secara dinamis, antara 60 Hz hingga 1 Hz, untuk menghemat daya," jelasnya.

Apple Watch Series 5 tetap mengandalkan aneka fitur kesehatan, seperti pemantauan denyut jantung melalui Electrocardiogram (ECG), fall detection, kompas, hingga panggilan darurat (SOS) internasional dengan menekan dan menahan tombol samping.

Menurut Ng, panggilan SOS internasional ke nomor darurat yang berlaku di 150 negara ini bisa dilakukan walaupun iPhone milik pengguna sedang tidak ada di sekitar.

Dari segi desain, Apple Watch Series 5 yang menjalankan sistem operasi WatchOS 6 ini hadir dalam beberapa pilihan material, yakni stainless steel, titanium, hingga keramik.

Apple Watch Series 5 dibanderol dengan harga mulai dari US$399 atau sekitar Rp5,6 juta untuk varian dengan fitur GPS dan US$499 atau sekitar Rp7 juta untuk varian dengan GPS+seluler.

[ikh]

#Apple #iPad #AppleWatch #iPhone #iPhone11
BERITA TERKAIT
Resmi Dijual di China, Antrean iPhone 11 Sepi
Kamera Galaxy S11 Comot Teknologi iPhone Terbaru?
Fitur Baru iPhone 11 Ini Sudah Ada di Android
iPhone 11 Pro Warna Emas Tidak Populer
Animo untuk iPhone 11 di Pasar Asia Tak Berkesan
Kamera iPhone 11 Pro Bisa Timbulkan Trypopobhia
(Dengan Penggunaan Chip A13 Bionic) Apple Klaim iPhone 11 Kalahkan Samsung Galaxy S10

kembali ke atas