MOZAIK

Kamis, 12 September 2019 | 00:03 WIB

Menjadi Manusia Terbaik, Manusia Pilihan

KH Ahmad Imam Mawardi
Menjadi Manusia Terbaik, Manusia Pilihan
(Foto: Istimewa)

BERBAHAGIANYA hidup kita jika kita bisa tergolong sebagai manusia terbaik dan manusia pilihan. Derajat seperti inilah yang didamba setiap insan yang waras pemikirannya. Derajat terbaik dan pilihan sesungguhnya bisa dimiliki siapa saja, terbuka untuk semuanya, sepanjang dia mau dan mampu melaksanakan syarat-syaratnya. Sulitkah syarat-syaratnya?

Ada ulama yang memberikan langkah efektif sebagai syarat ringan penggapai tujuan di atas, yaitu dengan cara rutin setiap hari berniat melakukan kebaikan dengan apa yang dimilikinya pada hari itu. Saat matahari terbit pagi hari, berniatlah untuk memberikan manfaat untuk segenap makhluk. Jangan pernah memiliki niat membuat rugi dan sedih orang lain.

Saat kita dititipi Allah dengan berbagai karunia yang dibutuhkan banyak orang, maka berbahagialah dan bersyukurlah. Termasuk sempurnanya syukur untuk karunia atau nikmat seperti itu adalah mengembalikan penggunaannya untuk kemaslahatan hamba-hamba Allah lainnya. Bantulah orang lain untuk menyelesaikan kebutuhannya, terutama kebutuhan mereka yang berkaitan dengan kebutuhan primer kehidupannya. Bisa menjalankan nasehat ini sungguh akan menaikkan derajat kita pada derajat manusia mulia yang dicintai Allah.

Memang berat sekali melawan bisikan syetan dan kehendak nafsu yang seringkali menyarankan kita untuk bakhil agar bisa kaya sendirian dan hebat sendirian. Padahal kaya dan hebat sendirian itu adalah keadaan yang menyiksa diri, hidup dalam lubang kecurigaan dan ancaman orang lain. Berbagilah bahagia dengan banyak orang, maka semakin banyak orang yang berdoa kebaikan untuk kita. Salam, AIM. [*]

#PencerahHati #AhmadImamMawardi #AIM
BERITA TERKAIT
Semua Berkewajiban Dakwah Sepanjang Hidup?
Mengapa Merasa Kesepian?
Mutiara Terpendam dalam Surat Al-Fatihah
(Mat Kelor Berhaji Lagi (31)) Mat Kelor Berkisah, Tertawa, Kemudian Menangis
Kompak Menuju Masa Depan Lebih Cerah
Prinsip Hidup agar tak Terjatuh dalam Kecewa
Bahagiakan Diri dengan Membahagiakan Orang Lain

kembali ke atas