NASIONAL

Rabu, 11 September 2019 | 19:21 WIB

Khofifah Sambut Rakernas Iwapi "Jawa Timur-Papua"

Khofifah Sambut Rakernas Iwapi "Jawa Timur-Papua"
(beritajatim)

INILAH.COM, Surabaya - Seribu peserta Rakernas Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) ke XXIX Tahun 2019 dijamu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam Welcome Dinner bersama di Halaman Gedung Negara Grahadi.

Bertema Jawa Timur - Papua, seluruh peserta Iwapi mengenakan baju nuansa adat Papua. Ini lantaran dari seluruh peserta Rakernas Iwapi XXIX mengumpulkan 33 provinsi termasuk Papua Barat.

Rombongan dari Papua Barat bahkan datang ke Jawa Timur dengan menggunakan kapal laut demi bisa datang bergabung dengan Iwapi dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah menyampaikan apresiasinya pada seluruh peserta rakernas. Ia mengajak Iwapi seluruhnya untuk menjadi penguat kantor perwakilan dagang Pemprov Jawa Timur yang tersebar di 25 provinsi.

"Kita punya 25 kantor perwakilan dagang. Saya menantang Iwapi Jatim dan Papua untuk menguatkan kantor perwakilan dagang kita di Papua di Jayapura. Kita juga sedang ingin menguatkan untuk menambah kantor dagang di Manokwari karena sekarang adanya hanya di Sorong," kata Khofifah.

Tidak hanya itu saat ini dikatakan mantan Menteri Sosial RI tersebut, pihaknya kini sedang mengirim tim untuk melakukan penajaman rencana perluasan kantor perwakilan dagang di Kalimantan Timur.

Seiring dengan rencana pindah ibu kota di Penajam Paser Utara dan Kutaikertanegara, Pemprov Jawa Timur tengah menyiapkan adanya kantor dagang baru di kawasan tersebut.

Saat ini kantor dagang Pemprov Jawa Timur sudah ada di Balikpapan. Dengan adanya rencana pindah ibu kota, maka Khofifah menegaskan bahwa Pemprov akan membuat kantor dagang di sana.

"Kalau sekarang ada di Balikpapan, kita sedang penjajakan dirikan kantor dagang baru di Penajam Paser Utara, atau di Samarinda atau di Kutai Kertanegara," kata Khofifah.

Menurutnya, dengan adanya Iwapi yang tersebar di seluruh Indonesia, maka para pengusaha wanita bisa menjadi sektor strategis yang mendorong majunya perdagangan dan kerjasama Jawa Timur dengan masing-masing provinsi.

"Saya berharap sangat kantor perwakilan dagang kita di 25 provinsi, Iwapi jadi penguatan perdagangan provinsi Jawa Timur dengan provinsi lain di Indonesia," kata Khofifah.

Sementara itu, Ketua DPP Iwapi Nita Yudi mengatakan saat ini Iwapi ada di 33 provinsi. Setahun sekali rutin mengadakan rakernas dan keliling se Indonesia secara bergantian.

"Dalam rakernas ini kita akan evaluasi program kerja kita setahun belakang dan merencanakan program setahun ke depan. Kita juga akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi baik untuk internal dan eksternal," kata Nita Yudi. [beritajatim]

#Khofifah #Iwapi
BERITA TERKAIT
Pengakuan Ida Usai Dipanggil Jokowi ke Istana
Sri Mulyani, Direktur Bank Dunia & Menteri Jokowi
Bamsoet: Prabowo Kompeten di Bidang Pertahanan
Alasan Polisi Sempat Amankan Egi Sudjana
Jika Tito Menteri, Ini Bursa Calon Kapolri
Zainudin Amali Merapat ke Istana
Basuki Tetap Jadi Menteri PUPR

kembali ke atas