NASIONAL

Rabu, 11 September 2019 | 22:01 WIB
(BJ Habibie Wafat)

Pemerintah Imbau Pengibaran Bendera Setengah Tiang

Ahmad Farhan Faris
Pemerintah Imbau Pengibaran Bendera Setengah Tiang
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Sekretaris Negara, Pratikno mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengibarkan bendera setengah tiang atas wafatnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie pada Rabu (11/9/2019).

Kami ajak masyarakat untuk kibarkan bendera setengah tiang sampai 14 September 2019, kata Pratikno di Kantor Kementerian Sekretariat Negara.

Jadi, kata dia, pemerintah menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari sampai 14 September 2019. Untuk itu, masyarakat diimbau kantor lembaga negara, pemerintah baik di dalam maupun luar negeri untuk kibarkan bendera setengah tiang.

Sekali lagi doa untuk almarhum dan prosesi berjalan lancar, ujarnya.

Imbauan pengibaran bendera setengah tiang sesuai surat yang dikeluarkan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor: B-1010/M.Sesneg/Set/TU.00/09/2019 tertanggal 11 September 2019 bersifat sangat segera.

Berikut isi surat imbauan pengibaran bendera setengah tiang:

Untuk memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada putra terbaik bangsa, Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik lndonesia Ke-3) yang telah wafat pada tanggal 11 September 2019 di Jakarta, sesuai dengan Pasal 12 ayat (4), ayal (5), dan ayat (6) Undang-Undang Republik lndonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, kepada para Pimpinan Lembaga Negara, Gubernur Bank lndonesia, Menteri, Jaksa Agung, Panglima TNI' Kapolri, Pimpinan Lembaga Non Struktural, Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Gubernur, Bupati, Walikota, Pimpinan BUMN/BUMD, serta Kepala Perwakilan Republik lndonesia di Luar Negeri beserta jajaran dimohon untuk mengibarkan Bendera Negara setengah tiang selama 3 (tiga) hari berturutturut terhitung mulai tanggal 12 September 2019 sampai dengan 14 September 2019.

Selanjutnya kepada Gubernur' Bupati dan Walikota agar menyampaikan kepada masyarakat luas untuk mengibarkan Bendera Negara setengah tiang.

Pada kurun waktu tersebut juga dinyatakan sebagai Hari Berkabung Nasional. Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.

BJ Habibie tutup usia sekitar pukul 18.05 Wib di RSPAD Gatot Soebroto. BJ Habibie Wafat pada usia 83 tahun. BJ Habibie rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata esok hari. [adc]

#BJHabibie #MeninggalDunia
BERITA TERKAIT
Jokowi: Habibie Sejak Muda Sudah Visioner
Pesawat Karya Habibie Dibawa ke Museum Dirgantara
Jokowi Ingat Pesan Habibie "Jangan Cengeng"
Gubernur Jabar Cari Bangunan untuk Monumen Habibie
Pemakaman Habibie, Jokowi: Selamat Jalan Mr. Crack
Warga Takbir dan Tahlil Sambut Jenazah Habibie
SBY, JK, Mega Hadiri Pemakaman Habibie

kembali ke atas