DUNIA

Kamis, 12 September 2019 | 07:12 WIB

China Marah, Jerman Terima Aktivis Hong Kong

China Marah, Jerman Terima Aktivis Hong Kong
Menlu Jerman Heiko Maas (Foto: VoaNews)

INILAHCOM, Beijing--China telah memanggil Dubes Jerman di Beijing setelah baru-baru ini ada pertemuan antara aktivis Hong Kong Joshua Wong dan Menlu Jerman, dan dinyatakannya pertemuan itu akan merusak hubungan bilateral ke dua negara.

Dubes China untuk Jerman Ken Wu secara terbuka mengecam pejabat Jerman itu sebagai protes atas pertemuan pada Rabu itu, dua hari setelah Menlu Jerman Heiko Maas bertemu dengan Wong di Berlin.

Dubes China itu mengatakan kepada reporter di Berlin, seperti dilaporkan VOA, Kamis (12/9/2019), pertemuan itu akan punya konsekuensi negatif pada hubungan bilateral dan pihak China harus bereaksi.

Wong tiba di Berlin pada Senin malam dan disambut oleh Maas. Wu mengatakan, anggota parlemen Jerman juga bertemu dengan Wong.

"Kami tidak tahu apa sasaran para politisi itu," kata Wu. "Apa mereka benar-benar prihatin dengan kebebasan Hong Kong, demokrasi, dan penegakan hukum, atau mereka hendak menyiramkan bensin ke api, sehingga bisa meraih keuntungan politik?"

Tidak ada tanggapan segera dari Jerman, tetapi pertikaian ini datang beberapa hari setelah Kanselir Jerman Angela Merkel kembali dari lawatan ke China. Sebelumnya Merkel mengatakan, dia sudah memberitahu para pemimpin China bahwa menghormati HAM merupakan sebuah keharusan.

China menuduh AS dan negara-negara Barat lain sebagai menghasut kekacauan di Hong Kong. [voa/lat]

#Demonstran #HongKong
BERITA TERKAIT
AS Dukung Aktivis Pro-Demokrasi Hong Kong
Bos Demonstran Hong Kong Lobi AS
China Marah, Jerman Terima Aktivis Hong Kong
Hong Kong Minta AS Tidak Campur Tangan
Demonstran Hong Kong Minta Bantuan AS
Buntut Protes, Hong Kong Tarik RUU Ekstradisi
Demonstran Hong Kong Blokade Jalan ke Bandara

kembali ke atas