EKONOMI

Kamis, 12 September 2019 | 10:09 WIB

Ekonomi Sepi, Ekspor Kerajinan Tembus US$870 Juta

Ekonomi Sepi, Ekspor Kerajinan Tembus US$870 Juta
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Sepanjang 2018, nilai ekspor produk kerajinan nasional mencapai US$870 juta. Dengan negara tujuan utama adalah Amerika Serikat (AS), Jepang, Belanda, Inggris, Singapura, dan Jerman.

Jumlah industri kerajinan di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 700 ribu unit usaha dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 1,32 juta orang, kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Gati Wibawaningsih ketika menghadiri pembukaan Pameran KriyaNusa 2019 lewat keterangannya di Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Mengenai potensi industri kerajinan nasional tersebut, Gati optimistis, nilai ekspor produknya akan semakin meningkat seiring adanya perbaikan mulai dari aspek kualitas produk sampai pada segi desain dan kemasan. Upaya ini sejalan dengan pemanfaatan teknologi dan pengembangan kompetensi sumber daya manusianya.
Sektor kriya merupakan salah satu dari kelompok industri kreatif, yang saat ini sudah memiliki jaringan pasar yang luas di tingkat mancanegara, ungkapnya.

Dalam rangka memperingati HUT ke-39, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar Pameran Kerajinan KriyaNusa 2019 yang berlangsung 11-15 September 2019, dengan tema Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas & Kewirausahaan.

Kegiatan ini dibuka Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas yang juga Ibu Kerajinan Nasional Mufidah Jusuf Kalla.

Diharapkan melalui ajang Pameran KriyaNusa 2019, Dekranas dapat memberikan ruang bagi perajin Indonesia untuk menampilkan produk unggulannya. Setiap tahunnya, Pameran Kriyanusa mengusung ikon daerah Nusantara yang berbeda-beda, dan ikon Kriyanusa tahun ini adalah Sumatera Barat, tutur Gati. [tar]

#KerajinanTangan #Ekspor
BERITA TERKAIT
Kementan: Ekspor Kakao Olahan Jabar Naik 17,6%
Dorong Ekspor, MUTU Internasional Beri Sertifikasi
Pameran di Swiss, Kopi Indonesia Banjir Peminat
Jelang Pelantikan Jokowi, BPS Catat Ekspor Anjlok
Ekonomi China Melambat, Apa Kabar Indonesia?
Kharisma Serasi Jaya Incar Pasar Asia
Kopi Gayo Ditolak Eropa karena Glyphosate Tinggi

kembali ke atas