TEKNOLOGI

Kamis, 12 September 2019 | 17:00 WIB

iPhone 11 yang Miskin Inovasi

Ibnu Naufal
iPhone 11 yang Miskin Inovasi

INILAHCOM, San Francisco - Pengguna Android kerap membuat lelucon atau meme selama bertahun-tahun ketika Apple 'berinovasi' bahwa fitur iPhone yang dimiliki ponsel Android sudah ada sejak dua tahun lalu.

Lalu tahun ini, dirasa lebih berdering kencang dari sebelumnya. Trio iPhone 11 baru, yang diluncurkan kemarin, dengan keunggulan jualan utama yang ditawarkan yakni memiliki dapur pacu yang lebih cepat dan kamera yang lebih baik dari pendahulunya.

Ketiganya juga memiliki ketahanan air yang lebih baik, perlindungan kaca yang lebih kokoh, dan daya tahan baterai yang lebih baik, di antara peningkatan (minor) lainnya.

Bagi siapa pun yang memiliki iPhone lama (terutama jika sudah berusia dua tahun atau lebih) mungkin akan terasa peningkatannya.

Tetapi ini adalah pertama kalinya kita melihat dan tidak dapat menunjuk ke fitur iPhone signifikan yang tidak ada pada ponsel Android selama bertahun-tahun.

Contoh saja kombinasi tiga kamera belakang telah cukup banyak menjadi standar pada smartphone unggulan selama lebih dari setahun belakangan sebut saja Huawei P20 Pro memiliki konfigurasi serupa dengan tiga kamera belakang pada bulan April tahun lalu; LG V40 ThinQ memilikinya pada Oktober 2018.

Khususnya, flagship LG memiliki setup yang sangat mirip dengan iPhone 11 Pro/ iPhone 11 Pro Max, yang terdiri dari sensor lebar, ultra-lebar, dan zoom.

Sejauh fitur iPhone baru lainnya, seperti Night Sight, Google Pixel telah melakukan fotografi malam lebih baik daripada iPhone untuk sementara waktu, dan baru-baru ini, Samsung dan Huawei juga menyusul.

Tiga kamera belakang merupakan solusi yang bagus. Tapi ada Android yang jauh lebih murah dengan empat kamera belakang dan jumlah megapiksel yang lebih tinggi.

Anda bahkan tidak perlu merujuk ke sekelas flagship yang sangat mahal untuk melihat seberapa buruk iPhone membuntuti Android.

Ada Realme 5 Pro dan Redmi Note 8 pro Xiaomi yang baru-baru ini diumumkan memiliki empat kamera belakang dengan sensor utama 64MP di bagian belakang, dan sensor 20MP di bagian depan yang dijual mulai dari US$195.

Faktanya iPhone dengan embel-embel 'Pro' punya kamera hanya mencapai 12MP, baik depan maupun belakang.

Jadi, apa lagi fitur yang diunggulkan? Tahan air adalah fitur umum, seperti layar OLED, dan trik kamera yang disempurnakan AI. Sebagian besar flagships Android memiliki lebih banyak penyimpanan daripada iPhone baru.

Yang juga penting adalah kurangnya pengisian nirkabel terbalik pada iPhone baru, yang dilaporkan Apple menyerah karena tidak memenuhi standar perusahaan.

Mungkin saja Apple memiliki standar yang lebih tinggi daripada pembuat smartphone lainnya, tetapi ponsel Huawei dan Samsung telah memiliki fitur untuk sementara waktu dan berfungsi dengan baik.

Tentu saja, kita tidak tahu segalanya tentang iPhone 11 - kita tidak tahu seberapa cepat (di luar grafik Apple mengatakan itu mengalahkan segalanya dengan margin yang besar, namun sangat tidak tepat), berapa banyak RAM yang dimilikinya, atau seberapa besar baterainya.

Sekali lagi, biasanya, sekelas ponsel Android flagships memiliki lebih banyak RAM dan baterai lebih besar dari iPhone. Chip Apple A13 Bionic yang baru mungkin lebih cepat daripada pesaingnya.

Jadi sebagian besar intinya adalah perangkat lunak dan layanan. iOS Apple cukup hebat, dan Apple biasanya membuat peranti lunak dan peranti kerasnya bekerja sama dengan cara yang membuat pengalaman sedikit lebih lancar daripada pada kebanyakan Android.

Kesepakatan Apple TV+ yang dibundel juga bagus - akhirnya, pembeli iPhone akan merasa mereka mendapatkan sesuatu yang ekstra untuk uang mereka (iPhone tahun lalu bahkan tidak datang dengan charger yang cepat). Dan hei, hal 'slofie', walaupun mungkin tidak terlalu berguna, mungkin menyenangkan.

Tapi tetap saja - ini iPhone baru yang sedang kita bicarakan. Berinovasi di ruang smartphone semakin sulit karena perangkat ini disempurnakan selama bertahun-tahun, tetapi bisakah kita memiliki setidaknya satu fitur perangkat keras yang membuat kita berkata 'wow'?

Tidak selalu seperti itu. Apple adalah salah satu perusahaan pertama yang memperkenalkan notch atau poni - suka atau tidak - serta kamera sekunder, 2x zoom.

Ya, pembuat smartphone Android, terutama yang keluar dari China, bergegas untuk memperkenalkan fitur serupa, dan beberapa bahkan mengalahkan perusahaan Cupertino.

Rumor mengatakan bahwa Apple akan mengungkap pembaruan yang jauh lebih menarik untuk iPhone-nya tahun depan.

Semoga di tahun depan benar-benar berharap untuk melihat sesuatu yang sangat berbeda dan berani, yang sudah lama tidak kita lihat dari Apple. [ikh]

#iPhone #Apple #iPhone11 #Android #inovasi
BERITA TERKAIT
Animo untuk iPhone 11 di Pasar Asia Tak Berkesan
Kamera iPhone 11 Pro Bisa Timbulkan Trypopobhia
(Dengan Penggunaan Chip A13 Bionic) Apple Klaim iPhone 11 Kalahkan Samsung Galaxy S10
(Dibandingkan Para Pesaingnya) Apple TV+ Tawarkan Harga Berlangganan Lebih Murah
Apple Juga Luncurkan iPad dan Apple Watch Baru
iPhone Terbaru Diprediksi Laris di China
Aplikasi Google Bakal Absen dari Huawei Mate X?

kembali ke atas