TEKNOLOGI

Selasa, 17 September 2019 | 13:30 WIB

Michelin Hadirkan Ban Khusus Mobil SUV

Ibnu Naufal
Michelin Hadirkan Ban Khusus Mobil SUV
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Michelin baru saja melahirkan ban Pilot Sport khusus untuk kendaraan jenis Sport Utility Vechicle (SUV). Sensasi traksi ala mobil sport bisa didapat dalam jenis mobil dengan ground clearance tinggi.

Di tengah pertumbuhan SUV yang pesat, Pilot Sport 4 SUV sebagai ban Ultra High Performance (UHP), menjadi pilihan yang diklaim menawarkan traksi dan pengereman terbaik dalam kondisi kering maupun basah.

Apalagi evolusi mobil segala utilitas ini terus berkembang, mulai kelas menengah sampai mengarah performa mesin tinggi, tak kalah dari mobil sport sedan maupun coupe.

Tren ini juga terjadi di Indonesia. Itulah mengapa Michelin menargetkan ban premium untuk pasar lokal.

"Salah satu target kami, karena pasar SUV Indonesia saat ini sedang bertumbuh. Segmen SUV menunjukkan tren peningkatan yang cukup baik dalam beberapa tahun terakhir," kata Roslina Komalasari, Head of Marketing Consumer Products Indonesia Michelin Indonesia dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM..

"Sekarang juga makin banyak SUV performa tinggi. Image SUV juga berbeda. Pilihan performa tinggi tidak sedan saja. Makin banyak SUV, makanya kami tangkap peluang itu," tambahnya.

Michelin Pilot Sport yang terkenal dipakai oleh mobil sedan sampai sport, menantang desainer ban agar dapat diadaptasi oleh SUV. Karakternya tentu berbeda, terutama titik pusat gaya berat lebih tinggi dan bobot kendaraan juga lebih besar pada umumnya.

Daya cengkeram di segala kondisi permukaan jalan jadi perhatian utama. Selain durabilitas dan keawetan tapak ban.

Desain tapak dibuat asimetris. Bagian luar optimal untuk kondisi kering, sedang bagian dalam untuk kondisi basah. Alurnya dirancang agar tapak lebih kaku dan tercipta traksi lateral.

Tersemat teknologi 'Dynamic Response', sebuah sabuk dengan penguat hybrid yang terbuat dari bahan aramid dan nilon.

Compound tapak mengandung senyawa baru dengan 'elastomar fungsional' dan silika tipis agar menambah daya cengkeram pengereman di jalan basah. Desain keseluruhan pun kian premium.

Latar brand Michelin menggunakan material velvet yang lembut dan ter-emboss tulisan Michelin di dalam alur tapak.

Di Indonesia, Michelin Pilot Sport 4 SUV baru akan segera hadir dan tersedia mulai dari ukuran velg 17 inci hingga 23 inci. Dari ukuran yang tersedia ini, belum pernah ada produk Michelin untuk SUV yang menggunakan teknologi serupa sebelumnya. [ikh]

#Michelin #ban #SUV #PilotSport
BERITA TERKAIT
Tips Cegah Pecah Ban Saat Melaju di Jalan Tol
Google Cabut Game Tentang Demonstrasi Hong Kong
Inilah 12 Objek Terbesar di Alam Semesta
Apple Hapus Aplikasi Pelacak Polisi di Hong Kong
Mazda Recall 35.000 Unit Mobil Bermesin Diesel
Mammoth Terakhir Mati di Pulau Tengah Samudera
Transfer Musik dan Video, Google Luncurkan Stream

kembali ke atas