PASAR MODAL

Selasa, 17 September 2019 | 10:05 WIB

Pejabat China Penuhi Undangan AS Bahas Tarif

Wahid Ma'ruf
Pejabat China Penuhi Undangan AS Bahas Tarif
(Istimewa)

INILAHCOM, Beijing - Para pejabat Tiongkok akan berada di Washington pada hari Rabu (18/9/2019) untuk mengadakan konsultasi dengan AS menjelang pembicaraan perdagangan tingkat tinggi pada bulan Oktober.

Media CCTV yang dikendalikan oleh negara melaporkan pada hari Selasa (17/9/2019) bahwa Wakil Menteri Kementerian Keuangan, Liao Min, akan memimpin delegasi wakil menteri untuk membahas masalah perdagangan dan ekonomi, seperti mengutip cnbc.com.

Pertemuan tersebut datang atas undangan AS, CCTV melaporkan.

AS dan China telah terlibat dalam pertempuran perdagangan selama lebih dari satu tahun, dengan kedua belah pihak menampar tarif pembalasan atas barang satu sama lain bernilai miliaran dolar.

Ketegangan meningkat bulan lalu ketika kedua belah pihak mengumumkan kenaikan tarif untuk barang masing-masing.

Menanggapi tugas sebelumnya, China mengumumkan pada 23 Agustus akan menerapkan tarif baru antara 5% dan 10% pada barang senilai US$75 miliar dari Amerika Serikat. Presiden Donald Trump kemudian mengancam akan menaikkan tarif pada semua produk China pada akhir tahun ini.

Sejak itu, kedua belah pihak telah membuat konsesi kecil, dengan Beijing membebaskan beberapa produk AS dari tarif tambahan.

Karena "niat baik" dan atas permintaan Beijing, administrasi Trump juga sepakat untuk menunda kenaikan tarif barang-barang China senilai US$250 miliar selama dua minggu - dari 1 Oktober hingga 15 Oktober. Republik Rakyat Tiongkok akan merayakan Peringatan ke-70 pada 1 Oktober.

#BursaSaham #DolarAS #IHSG #TrumpEffect
BERITA TERKAIT
IHSG Masih Jaga Penguatan ke 6.177,57 di Sesi I
Bursa Hong Kong Pimpin Penguatan Pasar Saham Asia
IHSG Mampu Naik 0,3% ke 6.191,5 di Awal Sesi
Harga Minyak Mentah Bisa Naik 1%
Inilah Pemicu Kenaikan Harga Emas Berjangka
Bursa Saham AS Terpaksa Turun Tipis
IMF Ingatkan Bursa Saham AS Kian Mahal

kembali ke atas