EKONOMI

Jumat, 20 September 2019 | 18:40 WIB

Jokowi Inginkan Swasembada Beras, Begini Saran RR

Jokowi Inginkan Swasembada Beras, Begini Saran RR
Presiden Joko Widodo (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kalau pemerintahan Joko Widodo yang bakal memasuki periode kedua mulai Oktober 2019, serius ingin meraih ketahanan pangan, tak ada salahnya mengikuti pandangan ekonom senior Rizal Ramli.

Suka atau tidak terhadap era Orde Baru, Indonesia pernah berstatus berswasembada pangan. Negeri yang gemah ripah loh jinawi ini, produksinya berasnya luber hingga mampu ekspor ketia Soeharto berkuasa.

Pada pertengahan 1984, Indonesia secara gotong-royong dan sukarela, menyumbang 100.000 ton gabah untuk petani miskin dunia. Kala itu, petani Indonesia meminta Soeharto menyerahkan gabah tersebut ke Badan Pangan Dunia (Food and Agricultural Organization/FAO). Untuk diserahkan kepada keluarga miskin di berbagai kawasan, khususnya di benua Afrika.

Padahal, sebelum masuk masa keemasan beras di bawah Soeharto, Indonesia adalah i,portir beras dalam jumlah besar. Rata-rata mencapai dua juta ton per tahun. Selanjutnya, Indonesia mampu membalikan nasib menjadi eksportir beras berbagai negara, termasuk Vietnam yang kala itu mengalami kesulitan beras.

Kata Riszal, untuk kembali mencapai era swasembada pangan, Jokowi perlu menekankan kepda riset demi melahirkan berbagai inovasi di sektor pertanian. Menteri Pertanian juga perlu membuat perencanaan lahan sawah baru di tiga kawasan yang memiliki karakteristik serupa, yaitu Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan Papua, ujar Rizal yang juga mantan Menko Kemaritiman era Jokosi dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Kawasan itu, sambung dia, mirip dengan delta Sungai Mekong di Vietnam yang sangat subur. Dengan lahan sawah baru sekitar satu hinga dua juta hektar.

Kata RR, sapaan akrabnya, Presiden Jokowi untuk bisa menjaga stabilitas harga dengan memerintahkan Perum Bulog berperan aktif. Caranya bisa melalui mempertebal stok yang ada dan mengurangi impor. "Saya masih optimistis Indonesia bisa melakukan swasembada pangan," pungkas mantan Kepala Bulog era Presiden Gus Dur itu. [tar]

#PresidenJokowi #SwasembadaPangan
BERITA TERKAIT
Bos IWAPI Digadang-gadang Masuk Kabinet Jokowi
Tim Ekonomi Jokowi Jilid II Harus Bisa Cuci Piring
Lima Tahun Jokowi, Ekonomi Masih Banyak Merahnya
Anang Ingatkan Jokowi Jilid II Jalankan UU Ekraf
Sebelum Susun Tim Ekonomi, Jokowi Disarankan Ini
Jelang Pelantikan Jokowi, BPS Catat Ekspor Anjlok
La Nyalla Sebut Palapa Ring Akselerator Ekonomi

kembali ke atas