EKONOMI

Minggu, 22 September 2019 | 08:09 WIB
(Dukung Ekspor UMKM)

Pertamina Kirim Mitra Binaan ke Pameran China

Pertamina Kirim Mitra Binaan ke Pameran China
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Dukung pengembangan ekspor sektor usaha mikro, kecil, menengah (UMKM), PT Pertamina (Persero) mengirimkan mitra binaan dalam Pameran The 16th China-ASEAN Expo (Caexpo 2019), di Nanning, China, 21-24 September 2019.

Dalam agenda tahunan yg telah diselenggarakan ke-16 ini, diikuti 10 negara ASEAN dan ratusan perusahaan, termasuk Pertamina yang ikut mengirimkan 6 Mitra Binaannya dari Indonesia.

Ke enam Mitra Binaan Pertamina yang ikut serta dalam Caexpo 2019, yakni Bawadi Coffee (Kopi Gayo-Aceh), Ali Stone (Pengrajin Batu-Jawa Barat), Fitri Design Jewellery (Perhiasan-Jakarta), Tenun Rian Hidayat (kain tenun-Yogyakarta), Ratna Art Shop (Kerajinan Retak dan Rotan-Lombok) dan Toko Mahdalena (Souvenir dan perhiasan Dayak-Kalimantan).

Seluruh Mitra Pertamina yang ditunjuk berkesempatan menampilkan produk terbaiknya di hadapan pengunjung dan membuka peluang kerjasama internasional untuk mereka.

Hadir dalam kesempatan, Rifky Rakhman Yusuf, Region Manager Communication, Relation & CSR Sumatera Bagian Selatan, mewakili delegasi Pertamina di Caexpo 2019.

Rifky mengungkapkan, produk mitra binaan Pertamina diharapkan dapat semakin dikenal luas di kancah internasional setelah diikutkan dalam pameran ini.

"Sebagai BUMN, kami mempunyai kepedulian dalam pengembangan kapasitas Mitra Binaan untuk menjadi unggul dan mandiri. Inilah wujud yang kami lakukan dalam Program Kemitraan Pertamina untuk meningkatkan kapasitas mitra binaan agar siap memasuki pasar global. Bahkan lebih jauh lagi, dapat terjadi komitmen penjualan ekspor jangka panjang melalui ajang ini," ujar Rifky dalam rilis kepada media di Jakarta, Minggu (22/9/2019).

Langkah ini merupakan kali pertamanya bagi ke-6 mitra binaan Pertamina dalam mengikuti pameran Internasional. Mitra binaan yang diikutsertakan ke Caexpo 2019 merupakan mitra yang telah sukses mengikuti pameran dalam negeri dan siap untuk pameran internasional.

"Untuk siap menghadapi pasar global, Pertamina memberikan pengalaman keikutsertaan dalam pameran imternasional, termasuk melakukan penjajagan business matching dengan calon pembeli potensial di pasar luar negeri. Mohon doa restu dari masyarakat agar business matching yg akan diikuti besok dapat sukses dan meraih transaksi", tambah Rifky.

Pameran China-ASEAN expo telah menjadi agenda penting dalam rangka pengembangan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara negara China dengan negara-negara ASEAN lainnya. Pada acara pembukaan, agenda dihadiri oleh berbagai perwakilan negara - negara ASEAN, pimpinan perusahaan di Asia, serta Duta Besar berbagai negara sahabat di China. Dari Indonesia sendiri sebagai Country of Honor Caexpo 2019, dihadiri oleh Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, Duta Besar RI untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun dan Dirjen Kerjasama Pengembangan Luar Negeri, Dodi Edward. [tar]

#Pertamina #UMKM #China
BERITA TERKAIT
Pertamina Power Indonesia Ambil Proyek Bergengsi
UMKM Binaan Pertamina Raup Rp7 M dari TEI 2019
Sinergi PHM dan Elnusa Garap Cementing Sumur Rawa
Ekonomi China Melambat, Apa Kabar Indonesia?
Perusahaan-Merek juga Wajib Berbahasa Indonesia
BBM Satu Harga Tuntas di Intim, Pertamina Emang Ok
PEPC Jalankan Tajak Sumur JTB Bojonegoro

kembali ke atas