BOLA

Rabu, 09 Oktober 2019 | 19:05 WIB

Warga Tolak Rencana Pembangunan San Siro Baru

Arif Budiwinarto
Warga Tolak Rencana Pembangunan San Siro Baru
(football-italia)

INILAHCOM, Milan - Rencana Inter dan AC Milan membangun stadion baru mendapat tentangan dari warga setempat. Apa alasannya?

Inter dan AC Milan sudah memperkenalkan dua desain untuk stadion baru mereka pada 26 September lalu. Desain pertama dirancang oleh konsultan Manica sementara desain kedua dibesut Populous.

Pada rancangannya, Manica menyebutnya Sportium yang memadukan olahraga serta lingkungan. Desain ini diwakili oleh ruang terbuka hijau dan beberapa gedung di sekitar stadion utama. Selain untuk menggelar pertandingan sepakbola, stadion baru nantinya memiliki fungsi venue konser musik karena dilengkapi layar besar di bagian tengahnya.

Sementara desain kedua yang dirancang Populous terinspirasi dari bangunan ikonik katedral Duomo di kota Milan. Perpaduan konsep klasik dan modern bakal dihadirkan plus aspek lingkungan juga jadi fokus pembangunan rumah baru Inter dan AC Milan.

Rencana pembangunan tersebut sudah mengantongi izin dari Dewan Kota Milan. Mereka mengarahkan agar stadion baru di bangun di atas lahan parkir di sebelah Stadion Giuseppe Meazza saat ini. Sedangkan usulan pembangunan stadion baru dengan terlebih dulu merobohkan stadion lama sangat ditentang oleh dewan.

Namun, permasalahan baru timbul saat Direktur Inter Milan, Alessandro Antonello, dan Presiden Milan Paolo Scaroni menghadiri pertemuan dengan perwakilan warga Milan di balai kota.

Seusai mempresentasikan proyek stadion baru, perwakilan warga yang hadir merespon negatif. Mereka menolak dua desain yang dipaparkan oleh kedua perwakilan tim.

Warga menilai rencana pembangunan kompleks stadion San Siro baru penuh dengan rekayasa bisnis untuk meraup keuntungan dengan mendirikan banyak bangunan komersial ketimbang ruang hijau. Selain itu, lokasi stadion baru dinilai terlalu dekat dengan pemukiman.

Menanggapi pernyataan warga, Scaroni menjelaskan rencana pembangunan stadion baru sudah memperhatikan aspek lingkungan. Ia menilai wilayah sekitar San Siro jauh dari keramaian. Namun, penjelasan Scaroni justru mendapat ejekan dari hadirin.

Di akhir pertemuan, perwakilan warga mengajukan desain ketiga rancangan arsitek Stefano Boeri yang memberi lebih banyak ruang hijau di area stadion baru.

Sumber: Football-Italia

#LigaItalia #Inter #ACMilan #SanSiro
BERITA TERKAIT
Tak Ada Kado Ultah Pioli pada Laga Debut di Milan
AC Milan Diimbangi Lecce 2-2
Tekad Inter Milan Kembali ke Jalur Kemenangan
Juve Susah Payah Kalahkan Bologna
Kesempatan Juve Menjauh dari Kejaran Inter
Gattuso Pernah Coba Datangkan Ribery ke Milan
Barca Kalah Cepat dari Inter Dapatkan Sensi

kembali ke atas