EKONOMI

Senin, 14 Oktober 2019 | 18:09 WIB
(Radar Tim Ekonomi Jokowi)

Sri Mulyani dan Bambang Bertahan, Buwas Masuk..?

Sri Mulyani dan Bambang Bertahan, Buwas Masuk..?
Budi Waseso alias Buwas (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Sepakan lagi, pasangan Joko Widodo dan KH Maruf Amin resmi menjadi presiden dan wakil presiden. Yang menarik dan ditunggu publik, bagaimana potret tim ekonomi Jokowi di periode kedua?

Menurut informasi dari sumber INILAHCOM, Jakarta, Senin (14/10/2019), Jokowi tidak merombak total para menteri bidang ekonomi-nya. Artinya, ada yang bertahan namun banyak pula nama baru yang muncul.

Kemungkinan besar, Jokowi masih akan menggunakan tenaga Sri Mulyani sebagai menteri keuangan dan Bambang Brodjonegoro sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Alasannya, Jokowi cukup puas dengan performance Sri Mulyani. Ditambah, berbagai penghargaan berkelas dunia berhasil diraih perempuan ayu asal Lampung itu. Dan, Bambang Brodjo masih punya pekerjaan besar yakni pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

Terkait masih seretnya pertumbuhan ekonomi serta investasi yang belum optimal, Jokowi kemungkinan menggusur Darmin Nasution sebagai menko perekonomian. Hanya saja, sejumlah nama masih ditimang-timang presiden, salah satunya dubes asal Benua Biru.

Sedangkan untuk posisi kementerian perdagangan, kemungkinan besar, Jokowi akan memasang wajah baru. Yang menguat adalah Budi Waseso alias Buwas. Mantan Kepala BNN dan Kabareskrim Polri yang kini masih menjabat Dirut Perum Bulog ini, dinilai berhasil.

Kali ini, Jokowi diprediksi lebih berhati-hati dalam menentukan tim ekonomi. Lantaran tantangan di masa depan, semakin kompleks. Sangat riskan kalau mengedepankan bagi-bagi kursi alias dagang sapi. [ipe]

#MenkeuSMI #Bappenas #PerumBulog
BERITA TERKAIT
Urgensi Impor Beras Ketan Perum Bulog Dikritisi
Jateng Jadi Acuan Pembangunan Nasional
Target Pajak Sering Gagal, Tugas Berat Suryo Utomo
RR: Utang Numpuk, Rakyat Dikejar Pajak&Biaya Hidup
(Peluang Resesi Ekonomi) DPR Tantang Sri Mulyani Lebih Kreatif dan Inovatif
Suryo Ditunjuk Dirjen Pajak, Indef Sarankan Ini
Dirjen Pajak Batal Diumumkan, Ada Apa Bu Ani?

kembali ke atas