EKONOMI

Rabu, 16 Oktober 2019 | 17:09 WIB

Dorong Ekspor, MUTU Internasional Beri Sertifikasi

Indra Hendriana
Dorong Ekspor, MUTU Internasional Beri Sertifikasi
Presiden Direktur PT Mutuagung Lestari, Arifin Lambaga

INILAHCOM, Jakarta - Dalam aktivitas ekspor yang mengandalkan komoditas unggulan Indonesia, sertifikasi berperan penting.

Demi menjamin mutu, kepatuhan pada pelestarian lingkungan, kesinambungan sumber daya alam hingga mencegah tindakan penyuapan, dari hulu hingga hilir proses produksi. Sertifikasi yang diberikan pada produk kehutanan misalnya, memastikan bahan baku sebuah produk bersumber dari yang legal dan memperhatian kelestarian lingkungan, kata Presiden Direktur PT Mutuagung Lestari, Arifin Lambaga di Jakarta, Rabu (16/19/2019).

Kemudian, kata dia, sertifikasi itu juga memastikan barang tersebut punya standar yang dipersyaratkan negara tujuan ekspor. Menurut dia, terdapat berbagai manfaat yang diperoleh dari sertifikasi dalam kaitannya ekspor dan impor.

Proses sertifikasi bisa jadi fasilitas yang mewakili pengecekan, yang lazimnya dilakukan suatu negara dalam memastikan kulaitas maupun syarat yang diberlakukan kata Arifin.

Kemudian, sertifikasi menjadi jaminan kulaitas karena diberikan oleh lembaga yang terakreditasi untuk melakukan hal itu. Hal ini diharapkan bisa menjadi amunisi produk Indonesia yang diekspor ke negara lain. Implikasi adanya jaminan ini dapat menaikan jumlah ekspor dalam negeri secara keseluruhan, ujar Arifin.

PT Mutuang Lestari atau dikenal dengan MUTU Internasional memfasilitasi perusahaan-perusahaan di berbagai bidang, untuk melakukan pengujian, inspeksi hingga mendapatkan sertifikasi.

Di industri kelapa sawit misalnya, hingga hari ini telah 95 perusahaan perkebunan kelapa sawit Indonesia, Malaysia, yang telah memperoleh Certified Sustainable Palm Oil (CPSO) dari MUTU Internasional.

Perusahaan-perusahaan ini memproduksi 3,2 juta metrik ton atau 23,7% dari total CPSO global. Sedangkan di bidang ekspor produksi kayu, MUTU Internasional memfasilitasi sertifikasi guna meningkatkan keunggulan ekspor produk berbasis kayu ke berbagai negara. Antara lain, Jepang, Amerika dan Eropa.

Bahkan MUTU Internasional menjadi satu-satunya negara yang ditunjuk oleh Jepang untuk memiliki kewenangan dalam melayani sertifikasi Japan Agriculture Standard (JAS). JAS adalah sertifikasi yang dapat membantu klien untuk memasarkan produk ketahanan sesuai standarisasi yang ditentukan Jepang. [ipe]


#Ekspor #Sertifikasi
BERITA TERKAIT
Alhamdulillah,Wangi Kopi Aceh Tercium di 23 Negara
Pekan Depan Investigasi Ekspor Bijih Nikel Dibuka
Larangan Ekspor Ore Nikel, Luhut Dukung Bos BKPM
Larangan Ekspor Nikel, Luhut: Paling Lama 2 Minggu
Menteri Arifin: Tak Ada Izin Ekspor Bijih Nikel
Ekspor Bijih Nikel Dilarang, Ini Kata Industri
SYL: Saya Suka Bupati dan Gubernur yang Agresif

kembali ke atas