GAYA HIDUP

Selasa, 22 Oktober 2019 | 06:30 WIB

Electric PPJI Food Festival, Ragam Kreasi Kuliner

Electric PPJI Food Festival, Ragam Kreasi Kuliner
(Istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Perkumpulan Penyelenggaraan Jasaboga Indonesia (PPJI) menggelar pameran kuliner dengan menggandeng sejumlah perusahaan food and beverage terkemuka di Indonesia. Pameran telah berlangsung 16-20 Oktober 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten.

Pameran ini mengusung tema Electric PPJI Food Festival. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Program Pangan Nusa-Trade Expo Indonesia. Program ini selenggarakan secara berkala oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

"PPJI turut mendukung pemerintah dalam mensosialisasikan tentang hemat penggunaan energi listrik dalam industri kuliner ini. Diharapkan, para anggota PPJI mulai menggunakan perangkat masak yang hemat energi," kata Sekretaris Jenderal PPJI Afrinaldi, dalam keterangan tertulis, Senin (21/10/2019).

Electric PPJI Food Festival menyuguhkan beragam kuliner dan aneka jajanan nusantara di area makan (food court) bagi para pengunjung Trade Expo Indonesia. Hadir juga sejumlah aktivitas di panggung utama, seperti cooking demo, talkshow, dan atraksi hiburan lainnya yang memberikan pengalaman tersendiri bagi para pegiat kuliner.

Pameran kuliner ini juga dimeriahkan murid-murid Sekolah Menengah Kejuruan kompetensi Tata Boga sebagai calon penerus dunia kuliner. Mereka menuangkan ide, kreasi dan kreatifitas lewat lomba kreasi jajan pasar khas Indonesia.

Salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Electric PPJI Food Festival adalah diselenggarakannya Embassy Cooking Competition Indonesian Cuisine, yakni lomba memasak "Nasi Goreng Indonesia" selama 60 menit. Lomba ini diikuti oleh tiga peserta yakni perwakilan dari Kedubes Malaysia, Kedubes Rusia, dan Kedubes Inggris yang ada di Jakarta.

Lomba tersebut merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat untuk beralih atau memilih kompor induksi (kompor listrik) dibanding penggunaan kompor gas.

Ketua Umum PPJI Irwan Iden Gobel dalam kesempatan tersebut mengatakan, lomba Embassy Cooking Competition Indonesian Cuisine bertujuan membangun persahaabatan di antara Indonesia dan sejumlah negara lainnya dalam kerangka (format) kuliner.

"Dengan komposisi penilaian 20 persen untuk penyajian makanan; penilaian rasa makanan 50 persen; serta kreativitas dan variasi (hiasan) pada makanan 30 persen, akhirnya dewan juri Chef Ari Galih dan Chef Sabir dari PPJI memutuskan tiga peserta ini memenangkan kompetisi memasak nasi goreng," kata Irwan Iden.

Menariknya, perusahaan peserta pameran yang biasa melayani katering pernikahan, arisan, acara perkantoran, serta industri memberikan paket spesial kepada para pengunjung selama pameran berlangsung.

Electric PPJI Food Festival juga menjadi ajang reuni para pengurus Dewan Pimpinan Daerah PPJI dari 24 propinsi di Indonesia, dengan diikuti 150 peserta. [adc]

#ElectricPPJIFoodFestival #Kuliner
BERITA TERKAIT
Lounge Baru Terminal 2 Soetta Manjakan Travellers
Kemenparekraf Akselerasi Wisata Belanja & Kuliner
Sotis Hotel Kemang Icon Seni Baru di Jaksel
Pariwisata Bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar
(E-commerce Dharma Pertiwi Diluncurkan) Angela: Teknologi Digital Partner Industri Kreatif
Bobobox, Hotel Kapsul Dengan Harga Terjangkau
Indonesia Tuan Rumah Forum Perkembangan Kesehatan

kembali ke atas