EKONOMI

Selasa, 22 Oktober 2019 | 09:09 WIB

UMKM Binaan Pertamina Raup Rp7 M dari TEI 2019

UMKM Binaan Pertamina Raup Rp7 M dari TEI 2019
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Mitra binaan UMKM Pertamina menunjukkan kedigjayaannya dengan mencatat total penjualan mencapai Rp7 miliar di ajang Trade Expo Indonesia (TEI) yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan, 16-20 Oktober 2019 di ICE BSD, Serpong, Banten.

Sebanyak 18 mitra binaan UMKM terpilih telah menampilkan produk-produk terbaik di hadapan para pembeli besar potensial dari berbagai negara. VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menjelaskan, pameran perdagangan internasional yang dimaksudkan untuk mendorong ekspor Indonesia ke mancanegara ini telah mampu meningkatkan daya saing UMKM binaan Pertamina.

Selain melakukan penjualan sektor retail, mitra binaan Pertamina juga menjaring pembeli besar melalui kegiatan business matching yang mempertemukan antara UMKM dan calon pembeli,ujar Fajriyah.

Menurutnya, melalui hasil business matching 5 UMKM dan penjualan retail 18 UMKM mitra binaan Pertamina yang berada di stand Pertamina selama 5 hari pameran berhasil memperoleh total penjualan lebih dari Rp 2,9 Milliar. Selain itu ada 2 mitra binaan UMKM Pertamina yang berhasil memperoleh pesanan ekspor namun ikut secara mandiri dengan total nilai Rp 4,2 Miliar yaitu Bawadi Coffee dan Keripik Buah Nurchaetti

Produk-produk UMKM binaan Pertamina cukup banyak diminati dengan variasi produk yang ditampilkan di antaranya produk minyak rempah dari tanah karo, Kerupuk Ikan Patin dari Sumatera Utara, Minyak Sereh dari Sumatera Barat, dan Mebel Kayu dari Jawa Tengah telah habis terjual di hari keempat pameran.

"Hari ini luar biasa buat saya menyaksikan secara langsung antusiasnya pembeli mancanegara akan produk minyak gosok buatan kami. Saya sampai minta kirim stok barang kedua kalinya dari Medan, dan stok keduapun sudah habis" terang Ginting, mitra binaan produk Minyak Rempah dari Tanah Karo dengan label Mejuah Juah.

Pencapaian nilai transaksi perdagangan yang sedemikian fantastis untuk ukuran UMKM diperoleh dari proses penetapan dan pendampingan mitra binaan UMKM yang terpilih.

"Mitra binaan UMKM yang kami hadirkan di Trade Expo Indonesia 2019 ini merupakan hasil dari kurasi dengan prioritas barang-barang yang cocok untuk diekspor dan belum pernah mengikuti pameran nasional. Selama pameran, mitra binaan UMKM terpilih mendapatkan pendampingan dari Pertamina untuk memperoleh pembeli besar potensial melalui business matching," tambah Fajriyah. [ipe]

#Pertamina #UMKM
BERITA TERKAIT
(Penerbangan Indonesia Timur) Pertamina Buka Depot Pengisian Avtur di Sorong
(Ketidakpastian Ekonomi Global) Ekonom Ingatkan Gelombang Transisi Energi Mendekat
Biosolar & Pertamax Laris Manis di Trans Sumatera
(Terbesar di Asia Tenggara) Mega Proyek PLTGU Jawa I Serap 3 Ribu Tenaga Kerja
Produksi Migas, Pertamina Optimis 910 Ribu MBOEPD
DPRD Sumbar Dorong Penyaluran Solar Sesuai Aturan
Jangan Ada Antrian Solar Subsidi di Merauke

kembali ke atas