TEKNOLOGI

Selasa, 22 Oktober 2019 | 13:13 WIB

YouTuber Cilik Ini Raup Rp309 Miliar dalam Setahun

YouTuber Cilik Ini Raup Rp309 Miliar dalam Setahun
(ist)

INILAHCOM, New York - Seorang bocah berusia 8 tahun bernama Ryan Kaji menjadi salah satu YouTuber dengan penghasilan terbesar.

Melalui kanal Ryan's ToysReview di YouTube, ia mampu meraup penghasilan sebesar US$22 juta atau sekitar Rp309 miliar dalam setahun.

Mengutip Business Insider, angka ini merupakan hitungan penghasilan sebelum pajak sejak 1 Juni 2017 hingga Juni 2018.

Isi konten kanal Ryan's ToysReview cukup sederhana, yakni tentang ulasan mainan. Secara demografis penontonnya adalah anak-anak, meski kanal YouTube itu ada di platform reguler, bukan YouTube Kids.

Mengingat usia Ryan yang masih sangat belia, kanal ini dijalankan oleh keluarganya, termasuk sang ayah dan ibu yang kerap muncul dalam video.

Ryan memulai karir YouTube sejak tahun 2015. Kala itu, ia menampilkan unboxing mainan dengan durasi lima menit. Lambat laun, Ryan's ToysReview menarik lebih banyak penonton dan mulai populer.

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang influencer digital, Semaphore, melihat potensi besar dari Ryan. Mereka lantas berbincang dengan orangtua Ryan tentang peluang finansial dari pertumbuhan kanal YouTube Ryan.

Semaphore lalu membantu keluarga Ryan menjalankan kanal Ryan's ToysReviews hingga menjadi besar. Hingga kini, kanal YouTube itu telah mengumpulkan lebih dari 22 juta subscriber.

Ryan tak hanya menjadi YouTuber cilik. Namanya melebar ke berbagai bisnis baru. Seperti bintang televisi hingga menciptakan brand 'Ryan's World' yang dibantu oleh perusahaan hiburan anak-anak Pocket.Watch.

Forbes melaporkan, brand Ryan's World kemudian disebarluaskan ke beberapa perusahaan seperti Nickelodeon, Colgate, Bonker Toys, Roku, dan Walmart.

Merchandise Ryan's World seperti mainan telur raksasa 'Ryans World Giant Mystery Egg' yang diproduksi Bonkers juga dijual di toko-toko ritel Target dan Amazon.

#YouTube #YouTuber #penghasilan
BERITA TERKAIT
Gratis 3 Bulan, YouTube Music Rilis di Indonesia
Kia Resmi Kembali Jualan di Indonesia
(Destinasi Terakhir di Tahun Ini) Terios 7 Wonders Jelajahi Kabupaten Kolaka
Bersiap! Lusa ASUS ZenFone 6 Meluncur di Indonesia
12 Tim eSports Dunia Hadir di One Esports Dota 2
Sony Siapkan Sensor Kamera Smartphone Baru
Samsung Galaxy Fold Ludes di China

kembali ke atas