NASIONAL

Selasa, 22 Oktober 2019 | 15:27 WIB

Sri Mulyani, Direktur Bank Dunia & Menteri Jokowi

Fadhly Zikry
Sri Mulyani, Direktur Bank Dunia & Menteri Jokowi
Menteri Keuangan, Sri Mulyani (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sri Mulyani salah satu sosok yang cukup fenomenal. Kemampuannya di dunia ekonomi khususnya keuangan tak diragukan lagi. Sri Mulyani bahkan menjadi Menteri favorit di dua pemerintahan, yaitu era Presiden SBY hingga periode kedua Presiden Jokowi.

Karir Sri Mulyani sebagai Menteri dimulai ketika SBY mempercayakan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada tahun 2004 kepada dirinya. Satu tahun menjabat posisi tersebut, kemudian ia ditunjuk menjadi Menteri Keuangan hingga tahun 2010.

5 tahun menduduki kursi Menteri, Sri Mulyani kembali membuat kejutan. Ia mengumumkan pengunduran diri sebagai Menkeu. Ia mengundurkan diri karena dipercaya menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan yang ia tinggalkan kemudian diisi oleh Agus Martowardojo.

Memegang perekonomian dunia hingga tahun 2016, Sri Mulyani pun dilirik oleh Presiden Jokowi untuk kembali menduduki kursi Menteri Keuangan yang lama ditinggalkannya. Bak gayung bersambut, Sri pun bersedia pulang ke Tanah Air. Saat itu dua tahun pemerintahan periode pertama Jokowi, kursi Menkeu dijabat oleh Bambang Brodjonegoro. Sri pun menyelesaikan tugasnya hingga tahun 2019.

Pada pemerintahan periode kedua Jokowi, Sri Mulyani pun akan kembali menjadi Menkeu. Hari ini Selasa (22/10/2019) ia dipanggil ke Istana oleh Jokowi. Kepada wartawan, Sri mengakui bahwa dirinya memang kembali diminta menjadi Menkeu.

Beliau menugaskan saya untuk menjadi Menteri Keuangan, kata Sri Mulyani di Istana Negara, Selasa (22/10/2019).

Meski memiliki sederet prestasi dan dipercaya sejak zaman SBY, Sri Mulyani bukan tidak lepas dari banyak kritikan. Kebijakannya kerap dikritik sejumlah pihak lantaran dinilai tidak merakyat.

Terlepas dari itu, Sri dan Menteri-menteri lainnya akan dilantik oleh Presiden Jokowi pada Rabu (23/10) besok. Pelantikan dijadwalkan akan digelar pada pukul 10.00 WIB di Istana Negara, Jakarta Pusat. [adc]

#SriMulyani #MenteriJokowi
BERITA TERKAIT
Kejaksaan Tangkap Buronan Korupsi PT PLN Batubara
Gibran di Pilwako Solo, Politik Aji Mumpung
Gibran ke Pilwako Solo Karena Posisi Jokowi?
Rangkulan Paloh dan Sohibul Banyak Tafsir
Angku Datuak Bandaharo Kayo Kirim Surat ke Jokowi
(Kasus Suap Gula di PTPN III) KPK Panggil Dua Dirut PTPN
KPK Periksa Tenaga Ahli Fraksi PAN DPR RI

kembali ke atas