BOLA

Rabu, 23 Oktober 2019 | 12:00 WIB

Pesan Jokowi ke Menpora Baru: Sepakbolanya, Pak!

Arif Budiwinarto
Pesan Jokowi ke Menpora Baru: Sepakbolanya, Pak!
Presiden Joko Widodo dan Zainuddin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) (Foto: Riset)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Zainuddin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) periode 2019-2024. Presiden meminta Menpora baru memperbaiki sepakbola.

Zainuddin merupakan salah satu dari beberapa nama baru dalam jajaran menteri kabinet pemerintahan Presiden Jokowi periode kedua. Kabar Zainuddin bakal menduduki posisi Menpora sudah tersebar sejak Selasa (22/10/2019) malam WIB, menyusul pernyataan Sesmpora, Gatot Dewa Broto di grup WhatsApp Kemenpora Pers.

"Pak Zainuddin Amali (jadi Kemenpora), Alhamdulilah," demikian isi chat Gatot.

Dalam pengumuman susunan kabinet yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019) siang WIB, Presiden Jokowi resmi memperkenalkan Zainuddin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Sesaat setelah diperkenalkan kepada publik, Presiden Jokowi langsung memberikan instruksi untuk fokus memperbaiki sepakbola.

"Kemudian Bapak Zainuddin Amali, Menpora," sebut Jokowi.

"Sepakbolanya, Pak," Jokowi menambahkan.

Tugas berat menanti Zainuddin mengurai sekaligus mencari solusi sejumlah permasalahan sepakbola nasional mulai dari jadwal kompetisi yang kerap berubah di tengah jalan, kerusuhan suporter, keributan suporter, serta prestasi timnas senior yang tak kunjung membanggakan.

Profil Singkat Menpora Zainuddin Amali

Zainudin merupakan Ketua DPP Partai Golkar periode 2014-2019. Ia juga merupakan anggota DPR RI selama empat periode dan menempati berbagai komisi. Untuk periode 2014-2019, ia menduduki Komisi II yang mengurus Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, serta Pertanahan dan Reforma Agraria.

Selain politikus, pria kelahiran Gorontalo, 16 September 1962 itu juga seorang pengusaha. Sebelum terjun ke dunia politik, ia pernah memimpin sejumlah perusahaan yakni PT Putra Mas, PT Wirabuana Dwi Jaya Persada, PT Gitrana Sendiko, PT Surya Terang Agung, PT Makmur Triagung, dan PT Supra Dinakarya.

#Menpora
BERITA TERKAIT
Bayern Munchen Pertimbangkan Rekrut Pochettino
Granit Xhaka Bisa Kembali Perkuat Arsenal
Tiga Poin yang Sangat Penting Bagi Semen Padang
De Ligt: Saya Tidak Menyesal Gabung Juventus
Mourinho Tak Membutuhkan Pemain Baru di Tottenham
Tiba di Manila, Timnas U23 Disambut Waketum PSSI
De Bruyne Sebut Euro 2020 Kompetisi Bohongan

kembali ke atas