GAYA HIDUP

Senin, 28 Oktober 2019 | 12:15 WIB

Tips Agar Anak Bisa Salurkan Bakat dan Minat

Mia Umi Kartikawati
Tips Agar Anak Bisa Salurkan Bakat dan Minat
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pekerjaan Rumah (PR) yang besar bagi orangtua menemukan bakat dan minat sang buah hati. Namun, jika benar - benar diperhatikan, ada beberapa caranya.

Menurut Weilin Han, Pengamat Pendidikan Anak, sekolah adalah tempat dimana orangtua menitipkan anaknya untuk menuntut ilmu. Kini, tak hanya soal pendidikan yang dibutuhkan bagi seorang anak, tapi karakter yang kuat, minat dan bakat menjadi salah satu modal untuk buah hati menjadi sumber daya manusia yang unggul.

Pemerintah terus mendorong pembangunan ekonomi yang produktif, mandiri dan memiliki daya saing menyongsong industri 4.0. Karena itu, anak bangsa harus bersiap diri menyongsong era tersebut.

Ini tidak main - main. Kemampuan individu salah satunya adalah menjadi enterprenuer (pengusaha) bisa diasah sejak dini. Hal ini dimulai dari miliki sikap kemandirian dan percaya diri.

"Orangtua harus siap menjadi tongkat estafet kepada anak - anak untuk siap menghadapi masa depan. Mampu menjadi sumber daya yang baik," kata Weilin di sekolah dasar Don Bosco, Jakarta, baru - baru ini.

Kemudian yang perlu disiapkan adalah sosial emosionalnya. Menurutnya seorang anak bisa tumbuh sosial emosionalnya jika benar - benar dibina dengan baik.

"Sekolah menjadi sarana untuk belajar. Kini tidak lagi untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian, tetapi juga bagaimana berprilaku dengna baik. Sosial emosional juga harus dibina ditumbuhkan dengan baik," tambahnya.

Karena itu, Yayasan Ciputra Pendidikan, melalui Sekolah Citra Kasih terus berinovasi dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan untuk mencetak siswa-siswi berprestasi serta mampu mengikuti perkembangan jaman.Saat ini Sekolah Citra Kasih telah hadir di berbagai kota di Indonesia dengan jumlah murid sekitar 6000 orang dan didukung tenaga pendidik dan non kependidikan berkisar 500 orang.

Kami memiliki rasa tanggungjawab terhadap Indonesia, sehingga kami terus berupaya dalam meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan secara akademik untuk mencetak sumber daya manusia yang mampu mengikuti segala perkembangan dunia. Salah satu inovasi kami di dunia pendidikan adalah membangun jiwa entrepreneurship sejak usia Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA)," kata Boedi Tjusila selaku School General Manager.

Entrepreneurship memiliki andil besar dalam pembangunan perekonomian bangsa Indonesia. Melalui hal tersebut, Indonesia akan memiliki ekonomi yang kuat dan kokoh. Entrepreneurship juga menjadi salah satu program prioritas pemerintah Indonesia saat ini. (tka)

#bakat #minat #anak #tumbuh #kembang #kesehatan #pendidi
BERITA TERKAIT
Peran Ibu Sangat Besar untuk Keluarga
Inovasi Es Krim Terus Tumbuh
Kisah Minyak Kutus Kutus Atasi Masalah Kesehatan
Ini Cara Tingkatkan Kemampuan Bahasa pada Anak
(Hepatitis A jadi Kejadian Luar Biasa di Depok) Total 262 Orang Tergejala Hepatitis A
Penting, Beri Tahu Orang Terdekat Terkait HIV
Penyebab Penyakit Tidak Menular Harus Dikendalikan

kembali ke atas