PASAR MODAL

Senin, 28 Oktober 2019 | 19:53 WIB

Konsorsium Elnusa dan Schlumberger Teken Kontrak

Konsorsium Elnusa dan Schlumberger Teken Kontrak
PT Elnusa Tbk (Elnusa) (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan nasional penyedia jasa energi, bersama PT Dowell Anadrill Schlumberger (Schlumberger) menandatangani kontrak kerja sama dengan PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) untuk jasa Cementing Offshore di rawa Delta Mahakam, pekan lalu (21/10/2019).

Kerja sama ini juga merupakan sinergi diantara Elnusa dan PHM sebagai bagian dari Pertamina Group, yang akan berlangsung selama 24 bulan. Direktur Utama Elnusa, Elizar P Hasibuan mengemukakan, kerja sama ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi migas nasional dan kami mendukung penuh upaya ini. Terlebih lagi kerja sama ini dilakukan dengan PHM yang merupakan keluarga kami pula di Pertamina Group, katanya, dalam keterangan tertulisnya.

Kontrak kerja sama Elnusa dan PHM melibatkan Schlumberger pula sebagai bagian konsorsium. Kolaborasi dengan Schlumbeger ini merupakan salah satu tindak lanjut Master Cooperation Agreement (MCA) pada akhir 2018. Dalam MCA, Elnusa dan Schlumberger bersepakat untuk mengoptimalisasi kompetensi dan sumber daya (resources) masing-masing dalam jasa hulu migas terintegrasi selama lima tahun. Kesepakatan ini meliputi lima lini servis, yaitu reservoir characterization, pengeboran dan produksi minyak, surface production serta integrated services.

Ada tiga tujuan besar yang hendak dicapai dalam MCA, yaitu peningkatan kapasitas nasional dalam servis hulu migas, alih teknologi yang ada di dalamnya, serta berbagi peluang & risiko untuk meningkatkan pertumbuhan bersama. Sebelumnya realisasi tindak lanjut MCA ini telah direalisasikan dalam Master of Service Agreement (MSA) untuk jasa wireline dan mud-logging.

Lebih lanjut Elizar menambahkan, di tengah kondisi migas saat ini, kolaborasi mutlak untuk dilakukan. Sharing terhadap aset, pengalaman dan kompetensi di antara kedua pihak tentunya akan lebih memudahkan dan mempercepat agilitas kinerja dalam mencapai tujuan bersama. Kami juga berterima kasih kepada fungsi pengadaan dan rantai suplai SKK Migas yang telah berperan aktif dan mendorong penuh pembangunan kapasitas nasional ini," katanya.

Elnusa telah beroperasi lebih dari 30 tahun di Delta Mahakam dan bekerja sama dengan PHM sejak beralihnya pengelolaan Blok Mahakam dari pengelola sebelumnya. Kompetensi dan pengalaman ini telah dibuktikan sepanjang tahun. Beberapa apresiasi terkini yang diperoleh adalah penghargaan atas nihilnya waktu kerja hilang akibat kecelakaan (zero LTI) untuk Elsa Samudera 1, 3, 4, 6, 7 dan 8 pada 23 Oktober lalu. Perolehan penghargaan ini merupakan salah satu bukti keunggulan kompetensi jasa yang dimiliki Elnusa.

Kami berkeyakinan mampu memberikan solusi total jasa energi terbaik sehingga mendukung pencapaian produksi migas dan efisiensi biaya produksi di PHM dan nasional, tambah Elizar. [*/adv]

#Elnusa #ELSA
BERITA TERKAIT
Bursa Saham AS dalam Tren Pelemahan Sejak Oktober
Bursa Saham Eropa Coba Tembus Area Positif
PT Chandra Asri Cari Rp750 M di Pasar Obligasi
Koronavirus Bisa Gulung Bisnis di Kawasan Asia
Ketakutan Koronavirus Terus Terjadi di Bursa Asia
Bursa Saham AS di Level Terburuk
BTN Terbitkan Junior Global Bond US$300 Juta

kembali ke atas