EKONOMI

Senin, 04 November 2019 | 10:11 WIB

Menteri Erick Atur Tugas Wamen BUMN Begini

Menteri Erick Atur Tugas Wamen BUMN Begini
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menetapkan pembagian tugas wakil menteri (wamen) dalam rangka meningkatkan efektivitas pelaksanaan.

Wamen BUMN I yang dijabat Budi Gunadi Sadikin mengurus BUMN bidang farmasi, jasa survei, energi, pertambangan, industri strategis, dan media.

Sedangkan Wamen BUMN II, yakni Kartika Wirjoatmodjo membina BUMN sektor industri agro, kawasan, logistik, pariwisata, jasa keuangan, konstruksi, jasa konsultan, sarana dan prasarana perhubungan.

Dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu (3/11/2019), Erick menyampaikan, pembagian tugas dilakukan dalam rangka meningkatkan efektivitas pelaksanaan fungsi pengendalian dan pemantauan pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian BUMN, khususnya terkait pembinaan.

Ia mengemukakan, sektor BUMN yang dibina oleh masing-masing wamen, ditetapkan melalui Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor: SK-
263/MBU/10/2019 tentang Pembagian Badan Usaha Milik Negara yang Dikoordinasikan Wakil Menteri BUMN. "Hal ini sudah disepakati bersama, sehingga masing-masing Wamen dapat bersinergi dengan baik dan mengakselerasi tugas-tugas yang sudah diberikan," kata bos Mahaka Grup ini.

Ia menambahkan, masing-masing Deputi Pembina BUMN sudah diminta untuk dapat melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan para wamen, sebagaimana pembagian yang ditetapkan.

Dijelaskan, sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo saat pelantikan wamen pada 25 Oktober 2019, masing-masing wamen mendapatkan penugasan khusus dari presiden untuk memperkuat kinerja menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM). Sehingga perubahan-perubahan nyata bisa segera dirasakan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta dua wakil menteri BUMN ikut berperan sentral mendorong BUMN menjadi perusahaan kelas dunia. "Ada dua Wakil Menteri BUMN dan keduanya berasal dari Bank Mandiri. Mereka Banker. Saya harapkan akan ada sebuah lompatan besar baik dalam valuasi, aset yang ada," kata Jokowi.

Jokowi meminta Wamen BUMN untuk mencari partner yang baik sehingga BUMN kita benar-benar menjadi sebuah perusahaan korporasi yang memiliki reputasi yang baik di dunia global.[tar]

#MenteriErick #BUMN #WakilMenteri
BERITA TERKAIT
Garuda Bantu Negokan Utang-utang Sriwijaya ke BUMN
Kisruh Garuda dan Sriwijaya, BPKP Diminta Masuk
PGN Sabet Penghargaan dari BUMN Track
Nego Alot, Bos BUMN Dibikin Pening Kilang Cilacap
Erick Sambangi Arifin Berunding Pengelolaan Energi
Rini Warisi BUMN Utang Jumbo, Erick Cuci Piring
Semester III, Laba Bank Mandiri Tembus Rp20Triliun

kembali ke atas