GAYA HIDUP

Selasa, 05 November 2019 | 07:32 WIB

Kiat Memilih Alas Kaki yang Tepat dan Nyaman

Aris Danu
Kiat Memilih Alas Kaki yang Tepat dan Nyaman
(Foto: Istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Alas kaki, baik itu sandal maupun sepatu berkaitan dengan kesehatan karena punya peranan penting dalam menopang berat seluruh badan ketika beraktivitas. Untuk itu, memilih alas kaki yang tepat dan nyaman juga menjadi penting diperhatikan.

Menurut dr. Haming Setiadi selaku dokter spesialis Fisik dan Rehabilitasi, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan ketik hendak membeli alas kaki, khususnya sepatu.

"Ada baiknya memilih sepatu yang nyaman namun tetap gaya. Artinya bisa memilih brand sepatu berkualitas yang tak hanya menawarkan harga yang relatif tinggi melainkan sepatu yang memiliki shock absorb sehingga bisa membuat langkah lebih stabil saat melakukan gerakan berjalan maupun berlari," kata dr. Haming Setiadi di acara peluncuran Bocorocco Sport, di Jakarta, baru-baru ini.

Saat memilih atau membeli sepatu, kata dr Haming sebaiknya dilakukan sore atau malam hari selepas kerja. Sebab, pada saat sore atau malam kaki mengalami pembesaran dibandingkan malam hari ketika sudah beristirahat.

Hal ini akan memberikan dampak pembesaran pada kaki sehingga berpengaruh pada ukuran kaki di sepatu yang hendak dibeli.

Kemudian, ukuran sepatu harus mengikuti jari kaki yang memiliki diameter paling panjang. Hal ini untuk menghindari kesempitan, sehingga sebaiknya memilih sepatu berdasarkan jari kaki yang paling panjang.

Ketiga, menentukan jenis sepatu yang akan dipakai sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, untuk olahraga lari, casual maupun formal. Sebab, kedua sepatu ini memiliki karakterisik yang berbeda.

Selanjutnya, dalam memilih sepatu ada baiknya mencoba sepatu langsung di toko sebelum membayar dan membawa pulang agar sesuai dengan kriteria kita. Hal ini untuk meminimalisir kesalahan saat memilih ukuran sepatu.

Terakhir, perlu diperhatikan juga dalam memilih bahan sepatu yang memiliki lapisan lebih dari 2 sebagai bantalan kuat pada telapak kaki. Hal ini akan berpengaruh pada saat sepatu memberi topangan kaki.

Sementara itu, pemilik Bocorocco Indonesia, Ridwan Saidbun dalam kesempatan itu mengklaim, sepatu Bocorocco selain memberikan kenyamanan juga kesehatan karena mampu menopan berat tubuh si pemakai.

"Sejak berdiri 8 tahun lalu, Bocorocco memang berusaha konsen mengembangkan Pillow Concept Technology yang dikembangkan agar para pemakai sepatunya sendiri merasa nyaman dan tidak cepat merasa lelah. Teknologi ini berupa sembilan lapis sol yang mampu meredam guncangan tubuh pada saat berdiri, berjalan, berlari, bahkan melompat, dan produk ini bisa digunakan mereka-mereka yang memiliki keluhan bila berjalan jauh, mudah capek, atau ada sakit pada bagian tumit, lutut, pinggang, leher, saraf terjepit, pascaoperasi, ibu hamil, bisa mencoba teknologi ini," katanya. [adc]

#AlasKaki
BERITA TERKAIT
Dive Nobatkan Indonesia, Best Destination 2019
Lounge Baru Terminal 2 Soetta Manjakan Travellers
(Kemenparekraf) Sales Mission Singapura Promo Danau Toba-Mandalika
Kompetisi Bunga Internasional Libatkan Siswa SD
Seru, Tradisi Cari Jodoh di Kabuenga Wakatobi Wave
Muslim Traditional di 165 Wedding Exhibition 2019
Kenali Perawatan Kecantikan Crystal Lift

kembali ke atas