BOLA

Rabu, 06 November 2019 | 22:02 WIB

Kalahkan Timor Leste, Ini Komentar Fakhri Husaini

Arif Budiwinarto
Kalahkan Timor Leste, Ini Komentar Fakhri Husaini
Pelatih timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini (Foto: Inilahcom/Eusebio CM)

INILAHCOM, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 mengawali Kualifikasi Pialq Asia U-19 2020 dengan meraih kemenangan atas Timor Leste U-19. Namun demikian, anak asuh Fakhri Husaini masih perlu banyak perbaikan pada sejumlah aspek permainan.

Indonesia U-19 meraih kemenangan 3-1 atas Timor Leste U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019) malam WIB. Fajar Faturrahman membuka keunggulan Garuda Muda saat laga baru berjalan dua menit, ia meneruskan bola sepak pojok Beckham Putra. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Timor Leste sempat menyamakan skor pada menit ke-50 lewat sepakan penalti Mouzinho de Lima. Usai skor 1-1 Indonesia mendapat angin segar setelah Timor Leste kehilangan satu pemainnya, Nelson Pinto, pada menit ke-57.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia untuk menambah keunggulan berkat gol David Maulana menit 62 dan gol kedua Fajar menit 77.

Fakhri mensyukuri kemenangan tersebut, ia lega anak asuhnya mampu mengatasi harapan besar pecinta sepak bola Indonesia bisa mengulangi capaian pada 2018 lalu. Tim Indonesia U-19 saat ini bermaterikan pemain Timnas U-16 yang mampu lolos sampai perempatfinal Piala Asia U-16 2018.

"Syukur Alhamdulillah di laga pertama kami bisa dapat tiga poin, dimana pun laga pertama tidak mudah. Dan mereka bisa menghadapi tekanan di dalam lapangan tadi. Faktor mental yang saya khawatirkan, harapan besar dari masyarakat yang ditakutkan bisa mengganggu," kata Fakhri dalam jumpa pers.

Dalam situasi unggul jumlah pemain, Indonesia sebenarnya punya lima peluang bagus mencetak gol, tiga diantaranya mengenai tiang gawang. Penyelesaian akhir menjadi fokus pembenahan Fakhri jelang laga berikutnya, ia juga menyoroti pertahanan Indonesia yang kerap kurang sigap menghadapi transisi permainan lawan.

"Meskipun menang tapi masih banyak yang perlu diperbaki. Tapi di usia 18 tahun mereka bisa keluar dari tekanan jadi nilai plus. Nanti kita evaluasi soal finishing tadi."

"Selama 93 menit mereka bermain baik, di menit ke-50 satu passing (Rizky) Ridho ke tengah jadi bencana buat kami. Artinya, kesalahan pemain belakang ada andil terciptanya gol Timor Leste," ia memungkasi.

Dengan kemenangan ini, Indonesia sementara memuncaki klasemen Grup K dengan nilai tiga, sementara Timor Leste di urutan terbawah dengan nirpoin.

Indonesia akan berhadapan dengan Hong Kong pada pertandingan kedua di Stadion Madya, Jumat (8/11/2019) malam WIB.

#IndonesiaU19 #TimorLesteU19
BERITA TERKAIT
Persib Raih Poin Sempurna di Kandang Borneo FC
Juve Ingin Tutup Fase Grup UCL dengan Kemenangan
Banyak Pelajaran Dipetik Bagus di Garuda Select
Arema Sangat Kehilangan Hamka Hamzah
Lawan Zagreb, City Tanpa Tiga Pemain Pilar
Valverde: Ansu Fati Dilahirkan untuk Cetak Gol
Lampard Ingin Cari Pengganti Hazard di Januari

kembali ke atas