TEKNOLOGI

Jumat, 08 November 2019 | 00:00 WIB

AASI Dorong Kemajuan Teknologi Asuransi Syariah

taufiqqurakhman
AASI Dorong Kemajuan Teknologi Asuransi Syariah
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) terus mendorong kemajuan teknologi di industri asuransi syariah nasional, salah satunya dengan menyemangati para pelaku industrinya via ajang penghargaan.

Pihak AASI menggelar perdana ajang penghargaan kepada para tenaga pemasar asuransi syariah terbaik di Indonesia, yakni Sharia Insurance Convention & Award (SICA) 2019.

Ajang yang mengusung tema Sharia Inspiring Future ini diselenggarakan di Ciputra Artpreneur Ciputra World, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Ketua Umum Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) Ahmad Syaroni sebelumnya mengatakan bahwa pelaku industri asuransi syariah harus mampu menghadapi persaingan global.

"Selain itu, tantangan terbesar terkait keagenan ini adalah adanya agen-agen 'digital' yang menggantikan agen yang selama ini dijalankan secara konvensional. Anggota AASI diminta untuk mencermati tren penggunaan teknologi informasi," ujar Sya'roni.

"Tahun 2020 yang akan datang kekuatan modal dari pesaing dari negeri jiran di bidang asuransi pada akhirnya harus memaksa kita untuk segera membenahi diri. Misalnya, untuk lebih mempersiapkan infrastruktur teknologi informasi, diversifikasi produk berbasis teknologi informasi, dan fleksibilitas," lanjutnya.

Sya'roni sebelumnya juga memaparkan kalau salah satu strategi dalam mendorong kemajuan teknologi industri asuransi syariah, antara lain adalah dengan menjembatani industri asuransi syariah dengan perusaaan teknologi finansial dalam layanan pinjaman langsung tunai untuk distribusi produk asuransi umrah.

Kembali lagi ke SICA 2019, Ketua AASI tersebut menjelaskan kalau SICA 2019 diharapkan menjadi insiatif untuk meningkatkan pemahaman asuransi syariah dan mulai menjadikan budaya syariah sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari saat ini dan masa mendatang.

"Kami memberikan apresiasi yang tinggi untuk para tenaga pemasar asuransi syariah karena melalui mereka lah industri asuransi syariah menjadi lebih dikenal dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Tak hanya bicara mengenai produk dan layanan saja, tetapi yang paling penting adalah tenaga pemasar juga menjadi ujung tombak bagi asosiasi dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di tanah air," jelas Sya'roni.

Dari data yang dihimpun AASI, jumlah tenaga pemasar asuransi syariah tercatat sebanyak 323.767 orang per Oktober 2019 di mana dari data tersebut, keseluruhan tenaga pemasar asuransi syariah yang telah tersertifikasi.

Kemudian, Syaroni juga menyorot pertumbuhan perekonomian syariah yang cukup signifikan di Indonesia. Salah satu faktor pendukungnya adalah peningkatan demografi dan tren hijrah yang terus berkembang saat ini. Faktor tersebut juga mempengaruhi peningkatan kinerja asuransi syariah.

Hingga September 2019, industri asuransi syariah menunjukkan pertumbuhan dibandingkan dengan periode yang sama sebelumnya dengan kenaikan aset sebesar 6,21 persen yang mencapai Rp44,4 triliun.

Dari sisi kontribusi pun mencatatkan kenaikan sebesar 8,2 persen atau Rp11,7 triliun dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu sebesar Rp 10,8 triliun.

Pertumbuhan tersebut juga diikuti oleh nilai klaim yang meningkat sebesar 43,64 persen menjadi Rp7,3 triliun di periode tahun ini.

SICA 2019 dilaksanakan dengan sejumlah rangkaian acara seperti Inspiratif Talk Show, New Agents Grandgathering, dan 10 CPD Points.

Pemuncak acara, SICA akan mempersembahkan para tenaga pemasar asuransi syariah terbaik di Indonesia dengan mengadakan Sharia Top Agents Award yang diikuti oleh sekitar 1.000 tenaga pemasar dari seluruh perusahaan asuransi syariah dan perusahaan dengan status Unit Usaha Syariah (UUS).

Selain Top Agent Award, SICA 2019 juga memberikan penghargaan untuk para tenaga pemasar dengan kategori sebagai berikut:

Kategori Asuransi Jiwa Syariah
- Best Sharia Life Insurance Telemarketer
- Best Sharia Life Insurance Bancasurance Agent
- Best Sharia Life Insurance Leader by Contribution
- Best Sharia Life Insurance Agent by Policy
- Best Sharia Life Insurance Agent by Contribution
- The Best Sharia Life Insurance Agent

Kategori Asuransi Umum Syariah
- Best Growth Sharia General Insurance Marketing/Agent
- Best Growth and Performance Sharia General Insurance Marketing/Agent Leader
- Best Contribution Sharia General Insurance Marketing/Agent
- Best Contribution Sharia General Insurance Marketing/Agent Leader

#aasi #asuransi #syariah #digital
BERITA TERKAIT
Sompo Insurance dan Axinan Proteksi Ponsel Anda
Lelang Digital di Youb.id Dijamin Dapat Produk Ori
Galaxy S11 Punya Kamera Periskop Bernama 'Hubble'?
Apple Card Dituduh Berlakukan Diskriminasi Gender
Skor Kamera Mi CC9 Pro Samai Huawei Mate 30 Pro
Samsung Galaxy S11 Bakal Hadir dalam Tiga Ukuran?
Remaja Ini Meninggal Setelah Main Game Semalaman

kembali ke atas