NASIONAL

Jumat, 08 November 2019 | 18:36 WIB

Penyelundupan Sabu Rutan Trenggalek Diotaki Napi

Happy CH Karundeng
Penyelundupan Sabu Rutan Trenggalek Diotaki Napi
Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak (inilahcom)

INILAHCOM, Trenggalek - Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan penyelundupan narkotika jenis sabu yang dilakukan tersangka Nia ke Rutan Klass IIB Trenggalek direncanakan oleh seorang warga binaan bernama Onki.

"Dari hasil pemeriksaan terungkap bahwa penyelundupan sabu tersebut direncanakan oleh tersangka Onki, yang merupakan narapidana," katanya di Trenggalek, Jumat (8/11/2019).

Untuk mengonsumsi sabu, Onki mengajak Saparudin. Sabu itu didapat Onki setelah menyuruh Nia mengambil sabu yang dipesan dari G di Mojokerto. Nia lah yang mengantarkan sabu itu ke rutan, tempat Onki dan Saparudin mendekam.

"Tersangka Nia mendapat uang 300 ribu rupiah untuk transport dan membeli makanan serta perlengkapan lain untuk memasukkan sabu ke rutan," bebernya.

Dalam penyelundupan itu, Nia justru bertemu Saparudin. Petugas rutan yang sudah curiga dengan gelagat Nia, kemudian menggeledah Saparudin. Hasilnya, petugas menemukan sabu seberat 1,16 gram yang disimpan dalam kondom.

"Sabu tersebut dipesan oleh Onki kepada G dengan perjanjian akan dibayar saat sudah bebas," jelasnya.

Atas terbongkarnya penyelundupan sabu tersebut, Onki urung bebas dan harus menjalani proses hukum baru dengan jeratan pasal narkotika.

"Tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 112 (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 10 miliar," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan pihaknya berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu ke dalam Rutan Klass II-B Trenggalek.

"Ya betul. Kami kemarin berhasil menggaggalkan penyelundupan narkitika jenis Sabu ke dalam Rutan. Jadi memang sudah dicurigai dan akhirnya petugas Rutan Kelas II-B Trenggalek menggagalkan upaya penyelundupan sabu seberat 1 gram yang dikirim oleh tersangka Nia," katanya di Trengalek, Jumat (8/11/2019).[hpy]

#Narkoba #Trenggalek
BERITA TERKAIT
Iriana Jokowi Harap WIC Jadi Pahlawan Masa Kini
(Berlogo Obat dan Bertuliskan Vitamin-B) Polisi Amankan 2 Juta Pil Koplo di Surabaya
(Jelang Natal dan Tahun Baru) Bareskrim Bongkar Penyelundupan 158 Kilogram Sabu
Dua Gembong Narkoba Internasional Didor Polisi
Nyabu Bareng Bidan di Hotel, Oknum Polisi Dibekuk
Wagub Emil: Pemprov Jatim Mulai Terapkan Big Data
Aksi Penembakan Brimob Polri Mendapat Kecaman

kembali ke atas