NASIONAL

Jumat, 08 November 2019 | 19:36 WIB

Otaki Penyelundupan Sabu, Napi Ongki Batal Bebas

Happy CH Karundeng
Otaki Penyelundupan Sabu, Napi Ongki Batal Bebas
Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak (Istimewa)

INILAHCOM, Trenggalek - Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan pihaknya telah menetapkan tiga orang tersangka kasus penyelundupan sabu ke Rutan Kelas II-B Trenggalek.

Tiga tersangka itu adalah Nia Kusumaning Asty (32) selaku pembawa sabu-sabu, Muhamad Saparudin (30), selaku penerima dan Ongki Santoso (29) selaku otak dan pemesan.

"Dua di antara tiga tersangka ini adalah narapidana kasus narkoba," katanya, Jumat (8/11/2019).

Menurutnya, tersangka Ongki saat ini sedang menjalani hukuman atas kasus yang dilakukan sebelumnya. Dari catatan di rutan, Ongki seharusnya bebas pada 9 November besok. Namun harapan itu pupus setelah yang bersangkutan menjadi pemesan sabu dari dalam rutan.

Sebelumnya, petugas Rutan Kelas II-B Trenggalek menggagalkan upaya penyelundupan sabu seberat 1 gram yang dikirim oleh tersangka Nia. Untuk mengelabui petugas, Nia berpura-pura membesuk napi dan menyembunyikan barang haram itu ke dalam plastik yang dibungkus kondom. Barang itu selanjutnya diselipkan dalam kaus kaki.

Aksi penyelundupan terbongkar setelah petugas rutan memergoki Nia saat menyerahkan sabu tersebut kepada Saparudin di gazebo rutan.

"Tersangka Ongki sebelumnya bertemu dengan Nia dua kali. Kemudian mereka merencanakan penyelundupan sabu melalui sambungan telepon," ujar Calvijn.

Sementara itu, Kepala Rutan Trenggalek Dadang Sudrajat mengaku telah menggelar razia dua hari sebelum kejadian. Namun pihaknya tidak menemukan alat komunikasi milik pelaku.

Baca juga: Tuntutan Jaksa Belum Siap, Sidang Kasus Narkoba Nunung Ditunda

Menurutnya, barang-barang yang seharusnya tidak berada di dalam rutan/lapas biasanya disembunyikan para napi di luar kamar. "Kadang mereka nyimpan HP itu di luar kamar, sehingga saat dirazia tidak ditemukan," kata Dadang.

Kini para pelaku ditahan dan dijerat Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 112 (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.[hpy]

#Narkoba #Trenggalek
BERITA TERKAIT
(Coba Selundupkan Narkoba ke Dalam Rutan) Dua Wanita Ini Diamankan Polisi di Surabaya
Narkoba, Basis Boomerang Dihukum 16 Bulan
Polisi Tembak Mati Pengedar Narkoba di Bekasi
Denpasar Peringkat 6 Kota Tanggap Bahaya Narkoba
Sabu Rutan Trenggalek, Polisi Tetapkan 3 Tersangka
Penyelundupan Sabu Rutan Trenggalek Diotaki Napi
Polisi Musnahkan 5 kg Sabu & 65 Kg Ganja Asal Aceh

kembali ke atas