NASIONAL

Sabtu, 09 November 2019 | 18:10 WIB

Kata Anies dan JK Saat Bersama di Pantai Ancol

Kata Anies dan JK Saat Bersama di Pantai Ancol

INILAHCOM, Jakarta - Masjid Apung pertama di Jakarta yang akan berada di wilayah Pantai Ancol akan segera dibangun. Acara seremoni pemancangan tiang pertama pada Sabtu, 9 November 2019.

Turut hadir pula dalam acara ini Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, Ketua Dewan Masjid Indonesia Pusat, H. M Jusuf Kalla (JK), serta Konsultan Arsitek Perencana Masjid Apung Ancol, Andra Matin.

"Bagus karena menggabungkan nanti dalam keadaan berlibur pun tetap menjalankan ibadah. Apalagi punya arti dari arsiteknya yang modern," kata JK.

Pada kesemptan yang sama, Gubernur Anies, mengaku bersyukur karena tempat wisata Ancol sudah berusia 50 tahun, baru kali ini bakal berdiri sebuah masjid.

"Dan kita di Jakarta, tempat ini sudah beroperasi lbh dr 50 tahun dan selama ini kita tdk memiliki masjid besar spt Ancol. Usianya 54 tahun Ancol," tuturnya.

Proses pembangunan Masjid Apung Ancol direncanakan memakan waktu satu tahun mulai dari pelaksanaan pemancangannya (ground breaking). Lokasinya yang menjorok dari daratan menjadikan masjid ini bangunan yang unik dan satu-satunya di Jakarta. Nantinya area masjid memiliki luas 2.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 2.500 orang jemaah.

Bangunan akan berbentuk segi lima yang mencerminkan rukun islam serta jumlah waktu shalat wajib dalam satu hari. Tinggi masjid mencapai 25 meter yang melambangkan 25 Nabi yang dikisahkan dalam Al-Qur'an. Pada sisi luar masjid akan terdapat 6 buah minaret (menara) yang melambangkan dasar rukun iman.

Masjid Apung Ancol didesain sedemikian rupa agar dapat menjadi ikon baru Kota Jakarta. Tidak hanya itu, Masjid Apung Ancol juga akan menjadi sentral dari destinasi wisata dengan beragam lokasi bersejarah seperti di Kota Tua dan Kepulauan Seribu yang memiliki cerita sejarah Jakarta di masa lalu.

Selain pembangunan masjid apung, Ancol juga sedang menyelenggarakan Sayembara Gagasan Desain Masjid Apung. Sayembara ini memberikan kesempatan kepada arsitek-arsitek muda untuk dapat berkarya dan mengembangkan idenya terutama dalam bangunan masjid. Hadiah yang disiapkan hingga ratusan juta rupiah untuk pemenangnya.

Desain dari pemenang sayembara tersebut nantinya akan menjadi acuan bagi Ancol dalam mengembangkan atau membangun Masjid Apung lainnya di kemudian hari. [wll]

#Anies #Jk #MasjidApung #Ancol
BERITA TERKAIT
Soal Pilpres 2024, Anies: Baru 2 Tahun di Jakarta
(Disebut Kritik Anies) Syarif Klaim Komentarnya Diplintir Suruh Kritik
(Pasca Bom di Medan) Wapres Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan
Suhendra Apresiasi Pertemuan Menhan-Wali Nanggroe
Munas Golkar Diharap Tak Memecah Belah Partai
DPD Golkar Papua Imbau Kader Cooling Down
Pasca Bom Medan, Kantor Polisi Perketat Pengamanan

kembali ke atas