NASIONAL

Selasa, 12 November 2019 | 21:07 WIB

Airlangga Bakal Merangkul Loyalis Bamsoet di Munas

Happy Karundeng
Airlangga Bakal Merangkul Loyalis Bamsoet di Munas
Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo (Bamsoet)

INILAH.COM, Jakarta - Dukungan terhadap Airlangga Hartarto sebagai calon Ketum Golkar terus mengalir jelang Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar. Kepemimpinan Airlangga selama dua tahun belakangan sudah teruji dan semakin matang.

"Seluruh DPD tingkat I sudah bersepakat, dukungan kami hanya untuk Pak Airlangga Hartarto. Bukan calon lainnya, kalaupun nanti ada," kata Ketua DPD Golkar Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Selasa (12/11/2019).

Namun demikian, kata dia, seandainya ada kandidat ketua umum lain pada Munas Golkar yang digelar 4-5 Desember mendatang di Jakarta tidak menjadi soal. Sempat tersiar nama Bambang Soesatyo (Bamsoet) akan maju karena dorongan dari para loyalisnya.

Secara tersirat, dia meminta Bamsoet untuk menunjukan sikap kenegarawanan. Terlebih lagi, saat ini Bamsoet sudah menjabat Ketua MPR.

"Kalau kita, mendorong untuk musyawarah mufakat. Kita berharap seperti itu, akhirnya akan musyawarah mufakat. Sebenarnya, apa lagi yang akan diperebutkan? Saya kira, semua petunjuk sudah mengarah ke Pak Airlangga Hartarto," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman.

Lebih lanjut Andi Rachman meyakini jika Airlangga bakal mengakomodir loyalis Bamsoet jelang Munas Golkar.

"Saya yakin Pak Airlangga akan merangkul semuanya," kata anggota Komisi II DPR RI itu.

Pilihan terhadap Airlangga menurut Andi cukup beralasan. Selama ini Airlangga dinilainya sudah bekerja keras dalam waktu yang sangat singkat, setelah dipercaya menjadi ketua umum pada akhir Desember 2017. Menurutnya Airlangga membawa Golkar menjadi partai yang semakin solid dan mampu melakukan konsolidasi dengan baik.

"Dari kenyataan itu saja kita sadari betapa baik dan hebatnya kepemimpinan Pak Airlangga ini. Dia memberi kewenangan ke daerah, membuat daerah lebih percaya diri, lebih semangat, tanpa banyak gangguan," tutur Andi.

"Luar biasa dampaknya bukan? Golkar menempati peringkat dua besar di Pilpres, itu sebuah "goal" yang meyakinkan di tengah pesimisme yang merebak saat itu. Perolehan 85 kursi di DPR juga luar biasa," sambungnya.

Para senior Paartai Golkar, seperti Jusuf Kalla, Akbar Tandjung, Aburizal Bakrie, dan Agung Laksono, memberikan penilaian yang baik terhadap Airlangga. Para senior mengapresiasi kinerjanya dalam pencapaian suara di Pileg, hingga menciptakan kesejukan di interal partai baik di pusat maupun daerah.

"Saya kira poin-poin itu yang membuat saya dan teman-teman di daerah tak bisa dan tak mungkin berpaling ke lain hati," tandasnya.

#Airlangga #Golkar
BERITA TERKAIT
Munas Lancar, Airlangga Sebut Kontribusi Bamsoet
Airlangga Goda Wapres Maruf Sebagai Mantan Golkar
Ma'ruf: Munas Golkar Dikira Panas, Ternyata Sejuk
Mundur Dari Caketum Golkar, Ini Kata Aris Mandji
Airlangga Siapkan Kursi untuk Para Senior & Luhut
Ical: Saya Pernah Gagal Capres, Airlangga Jangan
Ical Minta Airlangga Siap Nyapres 2024

kembali ke atas