HIBURAN

Selasa, 12 November 2019 | 22:00 WIB

Kunto Aji Antusias Tanam Pohon Bareng Mahasiswa

Aris Danu
Kunto Aji Antusias Tanam Pohon Bareng Mahasiswa

INILAH.COM, Sleman - Penyanyi Kunto Aji antusias terlibat dalam aksi penghijauan berupa penanaman pohon di kawasan situs purbakala Candi Ratu Boko, Sleman, Yogyakarta bersama ratusan mahasiswa.

Gerakan tersebut merupakan bagian dari Program Siap Darling atau Siap Sadar Lingkungan yang diprakarasai Djarum Foundation.

"Ini dalam rangka kegiatan menanam pohon bersama dengan Djarum Foundation. Iya sebuah gerakan baru pasti langkah yang baik, namanya menanam pohon saya yakin hasilnya jauh lebih banyak positifnya dari pada mudaratnya. Jadi saya yakin akan baik," kata Kunto disela penanaman pohon di situs purbakala kawasan wisata Candi Ratu Boko, Sleman, Yogyakarta, Selasa (12/11/2019).

Vokalis asal Yogyakarta bernama lengkap Kunto Aji Wibisono ini mengaku tidak berpikir panjang ketika mendapat tawaran untuk terlibat dalam aksi penghijauan tersebut. Terlebih ia sadar situs purbakala butuh perhatian dan kesadaran bersama dalam merawatnya. Salah satunya dengan menjaga alam dan lingkungan sekitar Candi Ratu Boko tetap asri dan terjaga kelestariannya.

"Menurut saya akan sangat bagus sekali tempat wisata lain seperti ini, karena cuaca lagi panas banget di mana-mana. Jadi penanaman pohon seperti ini akan sangat membantu," ujarnya.

Bersama Kunto Aji, ada ratusan mahasiswa berjumlah sekitar 250 orang. Mereka berasal dari Universitas Sanata Dharma, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan universitas lainnya di Yogyakarta.

Mereka kemudian melakukan aksi penanaman berbagai jenis pohon di area Situs Ratu Boko. Di antaranya tanaman perdu serta semak berbunga, seperti bugenvil, tanjung, merak, soka, dan kepel.

Tujuannya, dapat menumbuhkan rasa memiliki, bangga, dan turut berperan dalam menghijaukan situs-situs warisan sejarah Bangsa Indonesia.

"Prakarsa Siap Darling melalui Progran Candi Darling merupakan langkah nyata dalam menggerakkan generasi milenial khususnya mahasiswa, agar lebih peduli terhadap lingkungan," kata Vice President Director Djarum Foundation, FX. Supanji dalam kesempatan yang sama.

Lewat kegiatan itu, para mahasiswa diharapkan bisa menularkan kebiasaan mencintai dan merawat lingkungan kepada masyarakat luas. Dalam jangka panjang, lanjut Supanji, gerakan ini bisa menciptakan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan.

"Diharapkan menciptakan kawasan situs sejarah yang teduh, asri, dan semakin cantik. Sehingga bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di masa mendatang," katanya. [adc]

#KuntoAji #AksiDarling
BERITA TERKAIT
Garis Tangan The Series Hadir Setiap Hari
(Jaga Lingkungan Sehat) Ayudia Bing Slamet Rawat Pakaian Dengan Baik
Film Titus-Mystery of the Enigma Edukasi Bagi Anak
Gading Marten-Prisia Nasution Jadi Temen Kondangan
Musisi-Kreator Konten Menyatu di Wave of Tomorrow
(Personel Baru Duo Bunga) Ratna Pandita Temukan Rekan Duet di Lapangan Bola
(Tangis Haru di Konser AADC2) Melly Goeslaw Bahagia Bertemu Pengasuhnya

kembali ke atas