BOLA

Jumat, 15 November 2019 | 06:55 WIB
(Kualifikasi Piala Eropa 2020)

Ronaldo Hatrik, Portugal Libas Lithuania 6-0

Arif Budiwinarto
Ronaldo Hatrik, Portugal Libas Lithuania 6-0
(gettyimages)

INILAHCOM, Algarve - Hatrik Cristiano Ronaldo mengantarkan Portugal menang setengah lusin gol atas Lithuania. Namun, hasil tersebut belum memastikan Portugal melaju ke Piala Eropa 2020.

Portugal menjamu Lithuania pada lanjutan pertandingan Grup B di Stadion Algarve, Jumat (15/11/2019) dini hari WIB. Tuan rumah langsung memegang kendali permainan sejak awal babak pertama, Ronaldo mengancam gawang Lithuania pada menit keempat. Namun, sundulannya masih melayang tinggi dari gawang lawan.

Pada menit ketujuh, tuan rumah mendapat penalti setelah Saulius Mikoliuna melanggar Ronaldo di area terlarang. CR7 yang maju sebagai eksekutor berhasil menjarangkan bola dan membawa Portugal unggul 1-0.

Ronaldo menambah keunggulan Portugal pada menit ke-22, kali ini sepakan penyerang Juventus dari luar kotak penalti bersarang tepat di pojok kiri gawang Lithuania.

Usai dua gol tersebut, Portugal terus berupaya menambah keunggulan, tetapi sampai turun minum tidak ada gol tambahan yang diciptakan kedua tim.

Di babak kedua, Portugal belum puas dengan keunggulan dua gol. Tim asuhan Fernando Santos menjauhkan skor jadi 3-0 pada menit ke-52 melalui Pizzi. Bergerak di sisi kanan kotak penalti Lithuania, Pizzi meneruskan umpan terukur Bruno Fernandes dengan sepakan ke tiang jauh yang berujung gol.

Empat menit berselang, giliran Goncalo Paciencia yang mencatatkan bamanya di papan skor. Berawal dari tendangan bebas Bernardo Silva yang ditahan kiper Ernestas Setkus, Paciencia menyambar bola rebound dan mencetak gol keempat Portugal.

Pada menit ke-63, Portugal mencetak gol kelimanya melalui kaki Silva. Memanfaatkan umpan Ricardo Pereira di sisi kiri, pemain Manchester City tersebut mengontrol bola di kotak penalti dan menyepak bola ke dalam gawang Lithuania. Portugal menjauh 5-0.

Ronaldo mencetak hatrik pada pertandingan itu di menit ke-68. Berawal dari umpan tarik Silva di sisi kiri, CR7 lantas menghujamkan bola ke gawang tim tamu dan mengubah skor menjadi 6-0 untuk Portugal.

Portugal masih belum memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020, mengingat Serbia masih menguntit di urutan ketiga dengan jarak satu poin. Skuat asuhan Fernando Santos tersebut butuh kemenangan di laga pamungkas vs Luksemburg untuk mengunci tiket langsung ke putaran final.

Susunan Pemain:

Portugal: Rui Patricio; Ricardo Pereira, Ruben Dias, Jose Fonte, Mario Rui; Ruben Neves, Bruno Fernandes (Joao Moutinho 72'), Pizzi; Cristiano Ronaldo (Diogo Jota 83'), Goncalo Paciencia, Bernardo Silva (Bruma 66')

Lithuania: Ernestas Setkus; Vytautas Andrius Kevicius, Edvinas Girdvainis, Markus Palionis, Saulius Mikoliunas; Mantas Kuklys (Deivydas Matulevicius 57'), Domantas Simkus, Vykintas Slivka; Paulius Golubickas (Justas Lasickas 72'), Fedor Chernykh (Donatas Kazlauskas 80'), Arvydas Novikovas

#KualifikasiPialaEropa2020 #Portugal #Lithuania
BERITA TERKAIT
Dembele Pertimbangkan Hengkang dari Barca
Zidane Belum Pikirkan Beli Pemain Baru
Sarri: Lazio adalah Tim yang Kuat
Derby Manchester, Ini Kata Pep Guardiola
Klopp Tak Peduli Liverpool di Puncak Saat Natal
Hadapi PSS, Persib Diminta Lebih Waspada
Inter Milan Ditahan Imbang AS Roma 0-0

kembali ke atas