NASIONAL

Senin, 18 November 2019 | 06:03 WIB
(Tegaskan Komitmen Depan Menhan se-ASEAN)

Prabowo: ASEAN Tidak Boleh Terpolarisasi

Prabowo: ASEAN Tidak Boleh Terpolarisasi

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan komitmen Indonesia untuk membangun kawasan Asia Tenggara yang aman dan damai saat menghadiri menghadiri pertemuan ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM) Retreat, di Bangkok, Thailand.

Pada kesempatan itu, Prabowo mengaku ingin Asia Tenggara disegani kawasan lain. Prabowo juga mengatakan ASEAN mempunyai potensi kekayaan alam yang luar biasa sehingga menjadi magnet kepentingan kekuatan global.

"Namun, potensi wilayah laut di Asia Tenggara akan sulit dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal jika tidak ada proteksi serta jaminan keamanan dan keselamatan dari masing-masing negara anggota ASEAN," kata Prabowo di hadapan sejumlah Menhan se-ASEAN dikutip INILAHCOM, Minggu (17/11/2019)

Prabowo mengingatkan agar ASEAN tidak mudah terpecah belah. Prabowo menegaskan komitmen Indonesia untuk menentang segala bentuk invasi negara.

"ASEAN tidak boleh terpecah belah dan terpolarisasi yang akan mengakibatkan konflik dan perpecahan. Indonesia secara tegas menentang invasi negara dalam bentuk apa pun dan di wilayah negara mana pun khususnya di Asia tenggara," tegas Prabowo.

Keyakinan mengenai kekuatan ASEAN ini harus dimulai dari kemandirian ASEAN khususnya di bidang pertahanan. Kemandirian itu meliputi kerja sama pengamanan laut perbatasan, penyelesaian sengketa perbatasan, industri pertahanan dan sejumlah bidang lainnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan menteri pertahanan seluruh ASEAN yang dibungkus dalam acara bertajuk ASEAN Defense Ministers Meeting Plus (ADMM Plus).

Selain negara-negara ASEAN, pertemuan itu juga dihadiri perwakilan dari Amerika Serikat, Jepang, RRT, Australia, Selandia Baru, Rusia, dan Korea Selatan. [hpy]

#MenteriPertahanan #PrabowoSubianto
BERITA TERKAIT
Khofifah Akui Tak Ada Urusan Soal Kakanwil Kemenag
(Mumtaz Rais untuk Pilkada Sleman) Antara Politik Dinasti dan Keretakan Keluarga?
KPK Apresiasi MK Soal Napi Koruptor Nyaleg Lagi
BEM Nusantara Apresiasi Komisi III Soal Pengaduan
"Merdeka Belajar" Dorong Peningkatan Kualitas SDM
Balita Ditemukan Tewas Tanpa Kepala, Ini Faktanya
BNPB Tingkatkan Cegah Karhutla dengan Basahi Lahan

kembali ke atas