TEKNOLOGI

Rabu, 20 November 2019 | 12:00 WIB
(Dalam Periode 6 Bulan Terakhir)

Facebook Sudah Hapus 3,2 Miliar Akun Palsu

Facebook Sudah Hapus 3,2 Miliar Akun Palsu
(ist)

INILAHCOM, San Francisco - Dalam laporan terbarunya, Facebook mengatakan bahwa mereka telah menghapus sebanyak 3,2 miliar akun palsu dalam periode enam bulan antara April hingga September 2019.

Mengutip CNBC, jumlah tersebut naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu, di mana Facebook melaporkan penghapusan sebanyak 1,5 miliar akun palsu.

Akun-akun palsu memang banyak bertebaran di Facebook. Saat ini pun, raksasa jejaring sosial asal AS itu memperkirakan bahwa 5 persen dari 2,45 milar pengguna aktif bulanannya tak lain merupakan akun palsu.

Bersama dengan miliaran akun palsu tersebut, Facebook turut menghapus sebanyak 11,4 juta posting bernada ujaran kebencian. Angkanya pun naik tajam dibanding periode yang sama tahun lalu, yang tercatat sebesar 5,4 juta.

Menariknya, dalam laporan terbaru itu, Facebook untuk pertama kalinya turut menyertakan kegiatan hapus-menghapus konten negatif di Instagram.

Disebutkan bahwa dalam periode antara April hingga September 2019, Facebook menghapus lebih dari 1,2 juta konten bermuatan pornografi anak di Instagram, berikut 1,6 juta konten bertema bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Facebook memang secara rutin memberikan update soal implementasi Community Standards, yakni aturan yang menentukan konten mana saja yang dibolehkan di jejaring sosialnya.

Namun, meski rajin melakukan aksi 'bersih-bersih', Facebook tak luput dari kritik, salah satunya menyangkut sikap yang diambil terhadap iklan berbau politik.

Berbeda dari Twitter yang mengambil sikap tegas dengan sama sekali melarang iklan politik, Facebook masih membolehkan iklan semacam itu dengan alasan menjunjung prinsip kebebasan berekspresi.

#Facebook #akunpalsu #Twitter #jejaringsosial
BERITA TERKAIT
Twitter Kini Bisa Ubah Live Photos iOS Jadi GIF
FTC: Cambridge Analytica Kelabui Pengguna Facebook
Daftar Tagar Terpopuler di Twitter Sepanjang 2019
Ini yang Paling Banyak Dibicarakan di Twitter 2019
Pengguna Facebook di Asia Pasifik Terus Meningkat
FB Hapus Miliaran Akun Palsu dan Konten Terorisme
Bos Twitter Tak Mau Gunakan Google Search

kembali ke atas