TEKNOLOGI

Jumat, 22 November 2019 | 01:00 WIB

Honeywell Dukung Kemajuan Industri e-Commerce

Ibnu Naufal
Honeywell Dukung Kemajuan Industri e-Commerce
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Honeywell dan sejumlah pelaku industri mengadakan forum diskusi membahas teknologi serta solusi tepat untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan industri ritel,e-commerce,dan rantai pasokan di Indonesia di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Hadir dalam forum itu Presiden Honeywell Indonesia Roy Kosasih, Kepala Operasi dan Manajemen Produk Blibli Lisa Widodo, Managing Director Linc Group Subakti Setiawan, dan CEO 8commerce Ronny Ritongadi.

Roy Kosasih mengatakan, sebagai pemimpin transformasi digital IIoT, Honeywell berkomitmen berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia dengan menghadirkan solusi tepat dalam menghadapi tantangan di sektor teknologi.

"Kami memiliki pengalaman global membantu perusahaan ritel dan rantai pasokan di seluruh dunia hingga mereka mampu mencapai kemajuan signifikan berkat teknologi," kata Roy dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.

Di Indonesia, penjualan perdagangan online diperkirakan tumbuh delapan kali lipat pada 2022 dengan perdagangan elektronik formal mencapai US$40 miliar dan perdagangan sosial US$25 miliar, sehingga total transaksi US$65 miliar.

Dari total itu, 30 persen adalah baru dan tidak akan kejadian jika bukan karena perdangangan online. Selain itu, perdagangan online juga diperkirakan akan menciptakan peluang usaha yang setara dengan 26 juta lowongan kerja di tahun 2022.

Selain meningkatkan pendapatan, perdaganganonlinedapat berdampak sosial lebih luas. Contohnya 35 persen penjualanonlinedihasilkan perempuan dan membantu penghematan 11 hingga 25 persen untuk pelanggan di luar Jawa.

Dengan pertumbuhan ini, para pedagang dan distributor mulai memanfaatkan teknologi untuk memenuhi tuntutan konsumen seperti jadwal pengiriman barang lebih cepat dan biaya pengiriman lebih murah.

"Honeywell membantu pelaku industri dengan serangkaian solusi cerdas yang memfasilitasi gudang dan rantai pasokan sehingga terhubung, di mana operator dapat menerima, menyimpan, dan mengirimkan barang-barang dengan cepat dan akurat menggunakan sistem, perangkat lunak dan perangkat keras yang canggih, didukung sistem kecerdasan buatan (artificial intelegent/AI) dan teknologi komputer seluler," ujar Roy.

Dia menjelaskan, solusi Honeywell ritel fokus agar karyawan dapat menangani barang dagangan dan menggunakan aset dengan cepat, dan efisien. Pelaku industri dapat selalu terhubung dengan pedagang lain dan pelanggan. Teknologi ini juga bisa mengetahui stok barang, pemesanan berjalan otomatis dan tahapan logistik.

Selain itu, perusahaan ritel, dan e-commerce juga bisa menggunakan teknologi Mobility Edge berbasis Android 11. Pusat Distribusi Terhubung (Distribution Center/DC) Honeywell teruji membantu DC menyederhanakan operasional e-commerce yang kompleks.

Honeywell Warehouse Management System menyatukan peralatan otomatis, alur kerja, pesanan, dan tenaga kerja dalam platform terpadu agar operator pusat selalu dapat melihat setiap langkah secara real-time.

Indonesia memiliki karakter distribusi yang kompleks.

Sementara logistik merupakan penggerak utama perdagangane-commercedi Indonesia dengan pertumbuhan industri rata-rata 10 persen per tahun.

Teknologi dan layanan dukungan teknis Honeywell dapat membantu penyedia logistik memperluas kapabilitaspengirimane-commerce,meningkatkan produktivitas di pelabuhan, dan memperluas kapasitas layanan bernilai tambah.

Honeywell juga menghadirkan teknologi yang mengedepankan keselamatan pekerja sesuai standar keselamatan.

"Teknologi Honeywell untuk keselamatan karyawan di lapangan mencakup monitor dan detektor yang dikenakan langsung saat bekerja hingga ancaman seperti gas berbahaya," pungkas Roy Kosasih.

Sementara itu, Kepala Operasi dan Manajemen Produk Blibli.com, Lisa Widodo mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menggunakan teknologi dan layanan dukungan teknis Honeywell.

Diakui dia, teknologi dari Honeywell ini dapat memperluas kapabilitas pengiriman dagangan e-commerce, meningkatkan produktivitas pengiriman, memastikan akurasi pemesanan, dan memperluas kapasitas layanan bernilai tambah, termasuk manajemen barang dagangan yang dikembalikan atau penanganan produk khusus.

Kami yang semula menggunakan sistem konvesional smartphone, kini telah beralih menggunakan teknologi Honeywell yang lebih canggih dan menjadikan operasional menjadi efisien dan mencapai pertumbuhan pendapatan lebih tinggi dari sebelumnya, ujarnya.

#Honeywell #ecommerce
BERITA TERKAIT
Lini Galaxy A Terbaru Meluncur 12 Desember?
(Rayakan Ulang Tahun ke-25) PlayStation Dapat 'Kado' dari Guinness Records
Bigo Live Bawa Sensasi Hiburan Online ke Offline
(Terus Merugi) Panasonic Akhirnya Jual Unit Bisnis Semikonduktor
Pecahkan Rekor Setelah Bermain Game Selama 572 Jam
Honda Gelar Final Brio Saturday Night Challenge
Donald Trump: Huawei Merupakan Ancaman Keamanan

kembali ke atas