EKONOMI

Senin, 02 Desember 2019 | 18:45 WIB

Bagaimana Ekonomi 2020? Jokowi Prediksi Begini

Bagaimana Ekonomi 2020? Jokowi Prediksi Begini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Tahun depan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran 5,04%-5,05%. Cukup bagus ketimbang banyak negara yang angkanya justru negatif.

Hal itu disampaikan Jokowi saat acara makan siang bersama wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Senin (2/12/2019). Mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI ini, mengatakan, perhitungan mengenai pertumbuhan ekonomi akan dibahas lebih lanjut di awal Januari 2020. Kita memperkirakan, bukan memastikan, akan tumbuh 5,04-5,05 persen kurang lebih. Bisa di atas itu, bisa di bawah, kata Jokowi.

Angka tersebut, menurut Jokowi, tergolong lumayan-lah. Karena, rata-rata pertumbuhan ekonomi di negara lain, malan turun. "Paling penting kalau kita bandingkan dengan negara lain yang semuanya turun, kita patut bersyukur masih diberi angka pertumbuhan ekonomi di atas lima persen, katanya.

Jokowi menegaskan, memang untuk 2020 bukan sesuatu yang mudah mempertahankan angka itu. "Meskipun kita tahu target kita di angka 5,3 persen. Kuncinya itu hanya ada di investasi. Kalau pertumbuhan investasi itu bisa mengalami kenaikan yang drastis, itu baru kita angka 5,3 persen akan bisa ketemu, katanya.

Jika ingin menaikkan ekspor, lanjutnya, relatif sulit karena pasar cenderung dalam tren yang menurun. Kalau investasi itu memang peluang besarnya sebetulnya ada, tapi tinggal bagaimana penanganan di lapangan yang berkaitan misalnya penyelesaian perizinan yang cepat. Ini sekarang kita list mana daftar perusahaan dalam proses perizinan yang terhambat. Satu-satu kita selesaikan, kita ingin detail seperti itu, katanya.

Persoalan lainnya soal pembebasan lahan yang diupayakan terselesaikan baik oleh pemerintah pusat maupun pemda sesuai dengan kewenangannya. "Banyak hal seperti itu yang akan kita selesaikan satu per satu dalam rangka investasi, hanya satu dalam rangka cipta lapangan kerja. Kemudian mulai kita arahkan investasi ini akan bisa meraih usaha kecil dan menengah daerah, menggandeng usaha kecil menengah di sekitar daerah investasi, papar Jokowi. [tar]

#PresidenJokowi #Pertumbuhanekonomi
BERITA TERKAIT
Tahun Ini, ADB Optimis Ekonomi RI Tumbuh 5,1%
Ekonomi 2019 Nyungsep, Jangan Remehkan Ramalan RR
Duo Bos Pertamina Menghadap Jokowi, Membahas Ini
Wamenkeu Sebut Tahun Depan, Ekonomi RI Masih Seret
Pengamat Sebut Omnibus Law Tak Langsung Berdampak
Pabrik Anyar Chandra Asri Bikin Bungah Jokowi
PUPR: Tol Kunciran-Serpong Diresmikan Jokowi

kembali ke atas