BOLA

Rabu, 04 Desember 2019 | 13:20 WIB
(SEA Games 2019)

Hitung-hitungan Indonesia Lolos ke Semifinal

Arif Budiwinarto
Hitung-hitungan Indonesia Lolos ke Semifinal
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Langkah Timnas Indonesia U-22 melangkah ke babak semifinal cabor sepak bola SEA Games 2019 akan ditentukan di laga terakhir. Ada sejumlah syarat yang dibutuhkan agar Garuda Muda lolos dari fase grup.

Indonesia membuka peluang ke semifinal setelah menang besar 8-0 atas Brunei Darussalam di Stadion Binan, Laguna, Filipina, Selasa (3/12/2019) malam kemarin. Osvaldo Haay mencetak hatrik di laga tersebut, ditambah dua gol Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Andy Setyo dan Witan Sulaeman.

Kemenangan tersebut membuat Indonesia naik ke peringkat dua klasemen sementara Grup B dengan mengemas 9 poin hasil dari empat pertandingan. Indonesia unggul selisih gol (+11) dari Thailand yang berada di peringkat tiga (+10). Sedangkan pemuncak klasemen masih dipegang Vietnam dengan 12 poin serta selisih gol +13.

Ketatnya persaingan ketiga tim memperebutkan dua tiket ke semifinal diprediksi bakal menjadikan laga terakhir seru dan menarik. Thailand akan jumpa Vietnam sementara di saat bersamaan Indonesia menghadapi Laos, Kamis (5/12/2019) besok malam.

Bagi Indonesia ada hitung-hitungan yang harus dipenuhi jika ingin lolos ke semifinal, berikut selengkapnya.

1. Menang

Jika Indonesia mampu menang atas Laos berapa pun skornya, bahkan dengan skor tipis 1-0, tim asuhan Indra Sjafri mengamankan posisi setidaknya jadi runner-up Grup B. Dengan tambahan tiga angka, maka poin total Indonesia menjadi 12 dan selisih golnya jadi (+12). Tinggal menunggu hasil akhir laga Thailand vs Vietnam untuk menentukan Indonesia juara atau runner-up grup.

Bila Vietnam menang atau menahan imbang Thailand, Indonesia jadi runner-up Grup B. Jika Vietnam kalah, Indonesia berpeluang jadi juara Grup B tergantung dari selisih gol dengan Thailand. Apabola Thailand punya selisih gol lebih baik, Indonesia akan lolos sebagai runner-up.

Sebaliknya, jika selisih gol Thailand tidak lebih baik dari Indonesia meskipun menang dari Vietnam, maka Indonesia yang lolos sebagai juara grup, Vietnam runner-up.

2. Imbang

Indonesia juga berpeluang lolos jika bermain imbang lawan Laos. Dengan catatan, di laga lainnya Vietnam harus menang atas Thailand. Bila skema ini terjadi, maka Garuda Muda lolos sebagai runner-up Grup B.

Jika Vietnam dan Thailand juga bermain imbang, Indonesia bisa lolos ke semifinal karena masih punya keunggulan selisih gol dari Thailand, dan lolos sebagai runner-up.

3. Kalah

Ini perkiraan terburuk, jika Indonesia menelan kekalahan dari Laos, mereka tetap punya peluang ke semifinal. Dengan catatan Thailand kalah dari Vietnam dengan skor lebih besar dari kekalahan Indonesia lawan Laos. Jika begitu, maka selisih gol Indonesia lebih baik dari Thailand dan lolos sebagai runner-up.

#SEAGames2019 #Indonesia #Laos
BERITA TERKAIT
FIFA Sudah Pilih 6 Stadion Venue Piala Dunia U-20
Fernandinho Teken Kontrak Hingga 2021 di City
Sadio Mane Dipastikan Absen di Dua Laga
Persija akan Uji Coba dengan Tim Liga 2
Lukaku: Bek Italia yang Terbaik di Eropa
Christian Eriksen Resmi Gabung Inter Milan
Tak Kesampaian Rekrut Chimy, Barca Alihkan Incaran

kembali ke atas