BOLA

Kamis, 05 Desember 2019 | 16:05 WIB

Ansu Fati Pemain 17 Tahun Bernilai 170 Juta Euro

Arif Budiwinarto
Ansu Fati Pemain 17 Tahun Bernilai 170 Juta Euro
(Foto: fcbarcelona)

INILAHCOM, Barcelona - Ansu Fati baru berusia 17 tahun, namun siapa sangka ia punya nilai jual sebesar 170 juta Euro setelah meneken kontrak baru dengan Barcelona.

Ansu sebenarnya tercatat masih jadi bagian tim junior Barcelona, dinilai punya potensi besar jadi bintang masa depan mendorong pelatih Ernesto Valverde beberapa kali memasukkannya dalam skuad tim senior.

Pemain berdarah Guinnea-Bissau itu sudah menjalani debut di tim utama Los Blaugrana saat jumpa Real Betis pada 25 Agustus lalu. Hebatnya lagi, Ansu sudah bisa mencetak gol debut di LaLiga pada laga keduanya bersama Barca ketika ditahan imbang Osasuna 2-2 pada 31 Agustus.

Gol Ansu pada laga itu menjadikannya pemain termuda dalam sejarah Barca yang bisa mencetak gol di liga. Saat itu, Ansu baru berusia 16 tahun.

Tak mau aset berharganya itu berpindah klub, Barca bergerak cepat memagarinya dengan kontrak baru berdurasi dua musim. Tak tanggung-tanggung, Barca juga menaikan harga jualnya menjadi 170 juta Euro, nilai yang terbilang besar untuk pemain belum genap 18 tahun.

Nilai jualnya bisa bertambah jika Ansu sudah menandatangani kontrak profesional bersama Barca. Berdasarkan aturan di Eropa, seorang pemain baru bisa meneken kontrak profesional saat usianya genap menginjak 18 tahun.

"FC Barcelona dan Ansu Fati sudah mencapai kesepakatan untuk menambah kontrak si pemain dua musim lagi sampai 30 Juni 2022, dan klausul penjualanya meningkat dari 100 menjadi 170 juta Euro," demikian pernyataan resmi Barca.

"Klausul tersebut akan bertambah 400 juta Euro saat si pemain menandatangani kontrak profesional sebagai bagian tim utama Barcelona," lanjut isi pernyataan.

Melihat langkah tersebut Barca nampaknya mulai berinvestasi pada pemain-pemain muda potensial jebolan akademi sepak bola La Masia sebagai suksesor Lionel Messi dan Luis Suarez di masa depan. Selain Ansu, ada nama Carles Alena, Riqui Puiq dan Inaki Penam, pemain-pemain tim junior Barca yang pernah diberi kesempatan main di tim utama oleh Valverde.

#LaLiga #Barcelona #AnsuFati
BERITA TERKAIT
Tak Kesampaian Rekrut Chimy, Barca Alihkan Incaran
Zidane Bicara Soal Gol Kemenangan Real Madrid
5 Pemain Jadi Incaran Barca Gantikan Suarez
Dikalahkan Valencia, Setien: Barca Bermain Buruk
Barcelona Takluk 0-2 dari Valencia
Hasil Undian Babak 16 Besar Copa del Rey
Barca-Juve Sepakati Pertukaran Dua Pemain

kembali ke atas