METROPOLITAN

Kamis, 05 Desember 2019 | 19:37 WIB

2020, Kamera eTLE Mulai Rekam Pelanggar Lalin

Happy Karundeng
2020, Kamera eTLE Mulai Rekam Pelanggar Lalin
Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono

INILAHCOM, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan mulai tahun 2020 kamera canggih yang dibekali sistem Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) akan mulai merekam pelanggaran lalulintas yang dilakukan sepeda motor.

"Untuk sepeda motor mulai tahun depan sudah diberlakukan (tilang elektronik)," katanya di Mapolda Metro Jaya, Kamis (5/12/2019).

Untuk itu, ia berharap kesadaran masyarakat dalam berkendara bisa makin meningkat. Tak bisa dipungkiri, pengguna sepeda motor adalah pelaku pelanggaran lalu lintas dalam jumlah terbesar. Meski begitu, belum dipastikan kapan waktu pastinya. Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf menambahkan pihaknya masih melakukan kajian lebih dalam terkait hal ini.

Kajian meliputi bagaimana ETLE bisa menangkap Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang berada di sepeda motor mengingat lokasi TNKB pada sepeda motor letaknya bervariasi tak seperti mobil.

Dia menambahkan sistem tilang ETLE untuk speda motor nantinya akan sama dengan tilang ETLE terhadap mobil dimana kendaraan yang melanggar akan diverifikasi oleh ETLE center. Lantas surat tilang dikirim ke alamat yang tertera pada surat-surat kendaraan.

Kamera ETLE yang digunakan untuk sepeda motor juga masih sama dengan yang sudah dipasang sekarang. Hanya saja fiturnya akan dipercanggih. Jenis pelanggaran sepeda motor yang ditilang ETLE semisal menerobos jalur busway, tidak menggunakan helm, melanggar marka jalan, menerobos lampu lalu lintas, lawan arus dan sebagainya. Setelah sistem dirasa sudah siap, lalu akan dilakukan ujicoba atau sosialisasi selama 1 bulan baru masuk proses penegakkan hukum.

"Sedang kita seting nih untuk TNKB nya itu dengan posisi bagaimana agar bisa terekam. TNKB motor ini kan beda-beda (posisinya), beda dengan mobil. kita sinkronkan bagaimana kamera itu bisa menembus dari berbagai macam arah," tambahnya. [ton]

BERITA TERKAIT
Polemik Revitalisasi Monas, Pemprov DKI Buka Suara
Jelang Imlek, Waspadai 17 Titik Banjir di Jakarta
Kata Anies Soal Dirut Transjakarta Lama dan Baru
Bebas Virus Corona, Dinkes DKI Tetap Waspada
Pemprov DKI Bebaskan Pajak BBNKB
Usai Terima Surat dari Anies, DPRD Lakukan Ini
Anies Canangkan Pembangunan Halte TransJ-MRT Asean

kembali ke atas