NASIONAL

Senin, 09 Desember 2019 | 18:17 WIB

Wapres: Pemberantasan Korupsi ke Depan Kian Baik

Wapres: Pemberantasan Korupsi ke Depan Kian Baik
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin optimistis upaya pemberantasan korupsi akan menunjukkan hasil yang semakin positif pada hari-hari mendatang.

Optimisme ini didasari tren Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia yang semakin membaik dari tahun ke tahun.

"Transparency International Indonesia (TII) merilis skor Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia Tahun 2018 mengalami kenaikan satu poin dibandingkan dengan tahun 2017 yakni dari skor 37 menjadi 38," kata Ma'ruf Amin dalam sambutan puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Ma'ruf menyatakan Hakordia merupakan momentum menyadarkan seluruh pihak atas bahaya korupsi, yang menjadi salah satu persoalan krusial di negeri ini. Korupsi, kata Ma'ruf merupakan kejahatan yang bersifat sistemik dan menjadi masalah serius bagi pembangunan di Indonesia, karena menghambat efektivitasr mobilisasi dan alokasi sumber daya pembangunan.

"Arahan Presiden kepada seluruh anggota kabinet pada saat pelantikan tanggal 23 Oktober 2019 yang lalu, yaitu, 'Jangan korupsi. Ciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi.' Pernyataan ini merupakan komitmen pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dipimpin langsung oleh BP Presiden," tegasnya. [adc]

#Wapres #Pemberantasan Korupsi
BERITA TERKAIT
3 Pejabat BTN Gresik - Semarang Tersangka Korupsi
Jelang Imlek, Kapolri Bentuk Satgas di Tiap Polda
Jokowi Harap Pilkada 2020 Tak ada Hoax dan SARA
3 Hacker Indonesia Ditangkap Retas E-commerce LN
Polri Bentuk Tim Dalami Dugaan Penganiayaan Lutfi
Berkas Perkara 2 Penyerang Novel Rampung
OSO Ketum, Ini Susunan Kepengurusan Hanura

kembali ke atas