EKONOMI

Senin, 09 Desember 2019 | 18:18 WIB

Survei Menyebut Tol Cikampek Favorit Pemudik

Survei Menyebut Tol Cikampek Favorit Pemudik
(Foto: Inilahcom/Eusebio CM)

INILAHCOM, Jakarta - Survei Kementerian Perhubungan menyebutkan, Tol Jakarta-Cikampek adalah jalur favorit pemudik serta liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ke luar kota. Wajarlah bila tol ini selalu dipadati kendaraan.

"Dari survei yang kita lakukan terhadap masyarakat pengguna jalan tol untuk berlibur akhir tahun, sebanyak 69 persen akan melalui Tol Jakarta-Cikampek," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan Sugihardjo saat konferensi pers Rencana Operasi Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Jalur tol favorit lainnya, katanya, adalah Tol Jagorawi sebanyak 15 persen, Tol Cipularang 9% dan Tol Merak hingga Bakauheni Sumatera sami mawon yakni 9%. Khusus Tol Jakarta-Cikampek, katanya, pengguna jalan tol itu adalah dengan tujuan ke kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, hingga Bali. Sementara Tol Jagorawi, didominasi pengguna yang ingin berlibur di Puncak, Jawa Barat.

Jika dilihat dari jam favorit, hasil survei menunjukkan masyarakat akan mulai bepergian antara pukul 04.00 hingga 08.00.

Dikatakan Sugihardjo, bila dilihat dari jenis kendaraan darat yang bakal digunakan masyarakat untuk berlibur maka 48 persen memilih menggunakan mobil pribadi, 8% menggunakan bus, 2% masing-masing menggunakan mobil sewa dan sepeda motor.

Sebanyak 24 persen menggunakan angkutan udara untuk berlibur, kereta api 15 persen, dan angkutan laut hanya 1%. "Khusus untuk angkutan mudik menggunakan kapal laut, itu terbanyak digunakan oleh masyarakat yang berada di Indonesia bagian timur selain juga di Sumatera Utara," katanya.

Kemenhub memperkirakan puncak mudik pada 20-21 Desember dan 27 Desember 2019, sementara puncak balik 1-2 Januari 2020. "Untuk pesawat terbang, puncak balik terjadi 5 Januari," katanya.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus H Purnomo mengatakan minat pemudik menggunakan kapal laut sebagai sarana transportasi memang berkurang, apalagi jika dilihat perbedaan tarif kapal laut dan pesawat terbang juga tidak terlalu jauh. "Belum lagi waktu tempuh menggunakan kapal laut yang lama dibanding pesawat terbang. Namun untuk wilayah Indonesia bagian timur, kapal laut masih menjadi transportasi favorit," kata Agus. [tar]

#JalanTol #Jakarta-Cikampek
BERITA TERKAIT
Konversi BBM ke Gas, PLN Hemat Rp4 Triliun
SBY Sundul Jiwasraya Era Jokowi,Apa Kabar Century?
Virus Corona Bikin Galau Pebisnis Wisata Yogya
Perda LP2B Lumajang, Kementan Siapkan Insentif
Catat Ini, Erick Bakal Sikat Praktik Mafia di BUMN
Tak Puas Kinerja OJK, Perbankan Ingin Diawasi BI
Proyek Infrastruktur Situ Gede Dihentikan Pemprov

kembali ke atas