NASIONAL

Kamis, 12 Desember 2019 | 11:03 WIB

BPIP-Lemhanas Susun Metode & Bahan Ajar Pancasila

BPIP-Lemhanas Susun Metode & Bahan Ajar Pancasila
Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) Letjen TNI Purn Agus Widjojo. (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Lemhanas sepakat menyusun metode, bahan ajar, dan kualifikasi pengajar materi pendidikan Pancasila, untuk membumikan nilai-nilai Pancasila.

Kedua lembaga tersebut juga akan mengukur indeks kepancasilaan. Kedua lembaga ini juga sepakat melakukan koordinasi dan bekerjasama menggunakan kepakaran yang dimiliki kedua lembaga itu untuk nilai-nilai Pancasila.

Nota kesepahaman ditandatangani Plt Ketua BPIP Haryono dan Gubernur Lemhanas Letjen (Purn) Agus Widjoyo di ruang Nusantara Gedung Trigatra, lantai 1, Jakarta, Senin (9/12/2019). Nota kesepahaman berlaku selama lima tahun. Dalam masa itu, kedua lembaga akan melakukan evaluasi. Ini bertujuan untuk mengakselerasi pembumian Pancasila, kata Hariyono.

Menurut Hariyono, kerjasama ini merupakan cikal bakal untuk memanfaatkan dan mensin ergikan kemampuan dan sumberdaya kedua lembaga dalam pembinaan ideologi Pancasila.

Sedangkan Agus Widjoyo mengatakan Lemhanas dan BPIP akan bersama-sama melakukan penguatan kebijakan pemerintah secara terus-menerus. "Lemhanas memiliki banyak pakar, siap mendukung upaya pembinaan ideologi Pancasila yang dilakukan BPIP, ujarnya.

Direktur Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP Aris Heru Utomo mengemukakan, sebanarnya ini merupakan nota kesepahaman yang sudah dilakukan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) yang merupakan cikal bakal BPIP. Kerjasama itu ditandatangani pada 2017 yang sampai saat ini belum diimplementasikan.

Jadi ini merupakan upaya kita untuk memperbaharui, tambahnya. [yha]

#Pancasila
BERITA TERKAIT
Agus Rahardjo Kompeten Jadi Penasehat Ahli Kapolri
Ayah Perkosa Anak di Sidoarjo Divonis 18 Tahun Bui
Penyidikan Investasi MeMiles Sudah 80 Persen
Wanita Muda Nekat Edarkan Ekstasi di Sidoarjo
(Kasus Korupsi Tubagus Chaeri Wardana) Saksi Sebut TCW Tak Berwenang Rotasi Pejabat Dinas
Dosen IPB Perakit Bom Dkk Segera Hadapi Meja Hijau
Kurir 144 Kg Ganja Divonis Seumur Hidup

kembali ke atas