METROPOLITAN

Sabtu, 11 Januari 2020 | 15:14 WIB

Moda Integrasi Transportasi Solusi Macet Ibukota

Moda Integrasi Transportasi Solusi Macet Ibukota
(Foto: istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) di kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

MITJ merupakan perusahaan patungan antara PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) dan PT MRT Jakarta (Perseroda). Menurut Anies, integrasi tersebut bisa membuat transportasi umum di Jakarta berkelas dunia. Tidak hanya dari segi ekonomi, Anies menyebut transportasi umum nantinya bisa jadi moda pemersatu.

"Harapannya transportasi umum di Jakarta adalah transportasi umum kelas dunia, kita tidak ingin transportasi umum kita di sini adalah transportasi yang dihindari tapi transportasi yang dinikmati. Ada hal penting terkait ekonomisnya dan efisiensinya, tapi juga adanya transportasi umum ini mempersatukan," kata Anies dalam sambutannya.

Nantinya, perusahaan patungan tersebut akan mengelola 72 stasiun termasuk stasiun kereta api, bandara dancommuterline. Dalam kerjasama ini, kepemilikan saham mayoritas ada di MRTsebesar 51 persen dan 49 persen KAI.

"Kita lakukan perjanjian ini sebagai langkah konkret pasca penandatanganan Head of Agreement(HOA) yang telah dilakukan sebelumnya pada Senin, 6 Desember 2019,kata Direktur Utama PT MRT William Sabandar.

Struktur pembagian lingkup kerja dari dua perusahaan ini, PT KAI akan menjadi pelaksana aksi penataan kawasan stasiun-stasiun kereta api, sedangkan PT MRT akan bertindak sebagai Project Management Unit yang memfasilitasi dan memonitor perkembangan pelaksanaan penataan.

"Proyek jangka pendek dan jangka panjang atau quick win yang dimiliki MITJ sebagai target pencapaian. Untuk jangka pendek akan langsung dikerjakan dan ditargetkan selesai pada Maret 2020, terang William.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan langsung oleh Kadishub Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, Dirut MRT Jakarta William P. Sabandar, dan Dirut KAI Edi Sukmono yang disaksikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menhub Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

"Perjanjian hari ini adalah tindak lanjut dari arahan Presiden mengenai pengelolaan sistem moda transportasi yang terintegrasi guna membentuk sebuah perusahaan patungan dengan nama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ), kata Edi Sukmono. [adc]

#AniesBaswedan #TransportasiJakarta #MITJ
BERITA TERKAIT
Kata Anies Soal Dirut Transjakarta Lama dan Baru
Bebas Virus Corona, Dinkes DKI Tetap Waspada
Usai Terima Surat dari Anies, DPRD Lakukan Ini
(Cuaca Ekstrem) Anies: Naik Turun Tapi Tak Signifikan
DPRD Diimbau Ikut Kerja Bakti Seperti Anies
Polemik Revitalisasi Monas, Pemprov DKI Buka Suara
Jelang Imlek, Waspadai 17 Titik Banjir di Jakarta

kembali ke atas